Hukum
Jumat, 06 Januari 2017 23:14 WIB

Dua Jambret Asal Desa Kemuning Ditangkap Polisi

 Dua Jambret Asal Desa Kemuning Ditangkap Polisi
Pelaku Jambret Berhasil Diamankan Polisi

KUALATUNGKAL(SR28) - Dua pelaku jambret AR alias Aman (20) dan AM (16) merupakan remaja warga RT 003, Dusun Parit Cegat, Desa Kemuning, Kecamatan Bram Itam, Kabupaten Tanjab Barat, diamankan anggota Sat Reskrim Polres Tanjab Barat, Kamis (05/11) kemarin, sekitar 21.00 WIB.

Keduanya berhasil ditangkap di Jalan Ketapang, Kelurahan Tungkal Harapan. Setelah terjatuh dari sepeda motor yang dikendarainya, ketika akan kabur membawa barang hasil jambretannya. Kedua tersangka menjambret korban HP milik Dila Sarmela (18) di jalan Sriwijaya Kuala Tungkal.

Kapolres Tanjabbar AKBP Agus Sumartono, SIK, SH, MH dikonfirmasi membenarkan penangkapan itu.

"Kedua tersangka bernama Aman dan AM merupakan remaja warga RT 003, Dusun Parit Cegak, Desa Kemuning, Kecamatan Bram Itam," ungkap Kapolres Tanjabbar AKBP Agus Sumartono, SIK, SH, MH di Mapolres, Kamis malam.

Dikatakannya, berdasarkan pemeriksaan awal pengakuan kedua tersangka, mereka baru pertama kali melakukan aksi jambret diwilayah hukum Polres Tanjabbar. Namun sudah beberapa kali terlibat aksi kejahatan lain.

"Kronologis penangkapan kedua tersangka, ujar Kapolres, bermula sekira pukul 20.30 WIB korban dan temannya sedang melintasi Jl. Sriwijaya menggunakan motor, lalu datang pelaku yang berboncengan dari arah belakang mendekati korban dan langsung merampas HP korban," ungkapnya.

"Kemudian korban terjatuh dan berteriak meminta tolong, sambil mengikuti pelaku melarikan diri yang berlari kencang. Naasnya disaat bersamaan melintas Patroli Anggota Sabhara Polres, langsung melakukan pengejaran. Dibantu oleh Anggota Buser Reskrim, Anggota Polsek Ilir dan KPM, melakukan pengejaran, sesampainya di Simpang Masjid Lrg. Obat Nyamuk pelaku terjatuh lalu salah satu pelaku berinisialkan AG berhasil diamankan dan pelaku lainnya melarikan diri ke semak-semak sekitar SD 02 Jl. Ketapang, Kelurahan Tungkal Harapan," papar Kapolres.

Beberapa menit kemudian, pelaku AM yang melarikan diri karena terkepung berhasil diamankan oleh Anggota Buser Satreskrim.

"Sementara korban menuturkan, awalnya tidak menaruh curiga kalau kawanan yang membuntuti sambil menyagilnya dari Jalan Siswa Ujung, Jalan Patunas, pas di Simpang SMA 1 pelaku sudah hilang, ketika di Sriwijaya ternyata kedua pelaku itu ada lagi," tambahnya.

"Awalnya kita tak curiga kalau mereka jambret yang mengincar kami, kami kira cuma cagil-cagil saja, eh taunya mereka mepet langsung merampas HP saya dan kamipun terjatuh," cerita Dela mahasiswa UNJA yang tinggal di Jl. Bina Karya Selatan RT 16 Kel. Tungkal II Kec. Tungkal Ilir itu.

"Akibat ulah pelaku, korban yang terjatuh mengalami lecet dilengan dan luka dikaki beberapa jahitan," lanjutnya lagi.

Dari tangan kedua tersangka berhasil diamankan barang bukti berupa 1 unit Handphone Merk OPPO warna White Rose dan 1 unit SPM merk Honda Blade seri REPSOL BH 3174 UF yang digunakan tersangka dalam melancarkan aksinya. Kedua pelaku telah diamankan di Mapolres Tanjabbar berdasarkan laporan Polisi Nomor : LP/B-03/2017/RESTJBBRT/SPKT, tanggal 05 Januari 2017.

"Untuk pemeriksaan lebih lanjut, akibat perbuatannya, polisi akan mengganjar tersangka dengan Pasal 365 dan atau 363 KUHPidana," pungkasnya.

Sab/Ags

BERITA TERKINI

Smadav
Copyright @2015