Senin, 17 Juli 2017 09:50 WIB

Tolong Pak, Bendungan Ayik Muap Di Sarolangun Butuh Eskavator

 Tolong Pak, Bendungan Ayik Muap di Sarolangun Butuh Eskavator
Warga gotong ryong bersihkan rumput di danau

SAROLANGUN(SR28) - Untuk mewujudkan Destinasi wisata baru, warga Air Jernih Kecamatan Air Hitam melakukan gotong royong bersama aparat pemerintah Kecamatan serta Babinsa dalam membersihkan danau yang berada di Bendungan "Ayik Muap" sering disebut Dam jernih yang berdiri pada tahun 1975.

Pembersihan danau tersebut guna mencapai target akan dilaksanakannya Festival Pacu Perahu disana pada bulan Agustus mendatang.

Abuhasan Ashari, ketua pemandu wisata mengatakan sesuai dengan perintah Camat terhadap seluruh warga agar ikut bergotong royong membersihkan rumput yang tumbuh di danau tersebut. 

"Iya kemarin itu pada tanggal 12 ada pemberitahuan dari camat kepada seluruh warga masyarakat Air Jernih untuk bergotong royong membersih bendungan ini dengan tujuan untuk memperlebar area lokasi bendungan ini untuk dijadikan tempat wisata, " terangnya.

Kedepan katanya, masyarakat air jernih akan membudayakan tentang adat istiadat Desa Sungai Jernih khususnya masyatakat kecamatan air hitam

"Jadi nanti kami mau bikin pentas seni, yang akan di tampilkan Biduk Sayak, tarian ciri khas Suku Anak Dalam, setelah itu mungkin untuk memperlihatkan makanan khas Air Hitam ini, dan Bah Sebalik Sumpah, serta kerajianan Asbak, " jelasnya

Kendalanya saat membersihkan rumput tersebut lanjutnya masyarakat kesulitan ketika untuk menarik rumput, pasalnya rumput yang tumbuh sangat banyak, sehingga masyarakat membutuhkan batuan dari pemerintah agar kawasan danau tersebut nisa jadi kebih lebar. 

"Tentu ada kendala bagi kami, saat kami menarik rumput itu tadi, biasanya kami menarik rumput yang sudah dibersihkan menggunakan perahu, namun apa daya perahu yang didayung, tentu menghambat pekerjaan, kalau perahu pakai mesin bisa cepat kami membersihkannya, pada intinya kami swadaya membersihkan ini" katanya.

Kendati demikian, masyarakat Air Jernih mengharapkan bala bantuan dari pemerintah daerah untuk membersihkan area danau tersebut, agar destinasi wisata Sarolangun bisa dikunjungi oleh masyarakat luas. 

 

 

Reporter: Bule Jo | Redaktur: Agus Sholihin Abar

Tolong | Pak, | Bendungan | Ayik |

Copyright @2015