Rabu, 09 Agustus 2017 12:15 WIB

Bahaya, Oral Seks Sebabkan Infeksi HPV, Sifilis Hingga Hepatitis

 Bahaya, Oral Seks Sebabkan Infeksi HPV, Sifilis hingga Hepatitis
Ilustrasi

Oral seks dipraktekkan secara luas oleh beberapa pasangan suami istri. Jika Anda terus melakukannya, ada sejumlah risiko penyakit berbahaya yang mengintai diri Anda.

Apalagi bagi pria, sering sekali meminta pasangannya oral seks demi hasrat. Hentikan kebiasaan tersebut agar tak mengancam nyawa si dia di kemudian hari.

Dilansir Boldsky, Minggu (6/8/2017), berikut adalah 9 bahaya oral seks yang harus diwaspadai. Simak ulasannya yuk!

Kanker tenggorokan

Selama melakukan oral seks, seseorang dapat meningkatkan risiko penularan human papillomavirus (HPV). Virus berbahaya ini dapat ditularkan ke orang saat berhubungan seks. Waspadai ya, karena virus ini menyebabkan penularan risiko kanker mematikan yang mengancam nyawa.

Penyakit menular seksual

Beberapa penyakit menular seksual seperti HIV, herpes, HPV dan virus hepatitis dapat diteruskan melalui oral. Pasangan Anda sangat mudah mengalami risikonya, apalagi kalau si dia sering berganti pasangan untuk berhubungan seks.

Meningkatkan risiko gonore

Penyakit menular seksual umum ditularkan ke tenggorokan saat melakukan oral seks. Kuman tersebut bisa menyebabkan radang dan pembentukan nanah yang disertai nyeri. Inilah salah satu risiko utama terjadinya oral tanpa kondom.

Sifilis

Lesi sifilis muncul pada alat kelamin atau anus dan kadang di puting susu. Terkadang, lesi tersebut juga dapat muncul di bibir dan lidah karena terlalu sering melakukan oral seks. 

Infeksi anal

Kontak antara mulut dan anus bisa membuka jalan bagi pengalihan infeksi yang ada di sana. Organisme usus sangat berbahaya seperti Salmonella, Shigella dan Campylobacter dapat ditularkan karena hubungan seks oro-dubur. Maka itu, hindari oral seks karena membahayakan diri sendiri.

Hepatitis A

Hepatitis A merupakan infeksi virus dan kotoran dalam konsentrasi tinggi. Penyakit ini dapat ditularkan melalui hubungan seks anal yang seharusnya bisa dicegah.

Hepatitis B

Penyakit hepatitis B biasa terjadi pada orang-orang yang sebelumnya menderita penyakit menular seksual. Hati-hati, karena dapat menyebabkan risiko menularkan penyakit serius, seperti penyakit hati dan kerusakan hati kronis.

Hepatitis C

Anda sangat berisiko tertular penyakit hepatitis C lebih besar bila positif nengalami HIV. Hal ini bisa ditularkan tidak hanya melalui seks oral tapi juga jenis kelamin Anda. Maka berhati-hatilah jika berhubungan seks agar tak membahayakan diri sendiri.

Worms

Seseorang yang sering melakukan oral seks juga berisiko terkena cacing benang dan cacing lainnya. Hati-hati, hal ini sering terjadi pada saat Anda kerap melakukan hubungan anal seks yang tak boleh dilakukan.

Source: Okezone


Copyright @2015