Kamis, 10 Agustus 2017 15:58 WIB

Netizen Kecam Ulah Seorang Pria Yang Panjat Candi Borobudur Demi Selfie

 Netizen Kecam Ulah Seorang Pria yang Panjat Candi Borobudur Demi Selfie
Seorang pria tampak selfi diatas candi

YOGYAKARTA - Netizen mengecam ulah seorang pengunjung Candi Borobudur yang tertangkap kamera sedang asik foto sembari memanjat dinding langkan candi. Foto tersebut viral dengan menyebar di berbagai media sosial sejak Senin (7/8) siang.

Foto itu pertama kali diunggah oleh akun Facebook bernama Ardia Arga Pramoedya di sebuah grup komunitas Info Cegatan Jogja. Sebagian besar netizen pun menghujat perbuatan ini.

Menurut Ardia pengunjung itu sudah diingatkan oleh pengunjung lainnya tetapi dia keukeuh berfoto di atas langkan candi. "Sudah diingatkan banyak orang, bahkan wisatawan manca negara juga, tapi tetap tidak mau turun," tulisnya menggunakan bahasa Jawa halus.

Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB), Marsis Sutopo, saat dikonfirmasi mengaku sudah menerima laporan kejadian tersebut. Dia menyatakan, perilaku pengunjung itu tidak dipatut dicontoh karena jelas merupakan pelanggaran.

Marsis menyebut, sudah melakukan berbagai upaya agar pengunjung tertib saat berada di candi Buddha terbesar di dunia itu. Candi Borobudur bukan hanya lokasi wisata tapi juga cagar budaya sekaligus tempat ibadah yang harus dihormati.

Beberapa aturan telah diterapkan, seperti tidak boleh duduk di stupa, memanjat dinding, menginjat stupa dan sebagainya. Papan peringatan juga sudah dipasang di banyak titik, ditambah petugas yang rutin beroperasi.

"Tapi masih banyak pengunjung yang mengabaikan dan mencuri-curi kesempatan untuk melanggar peringatan itu. Kami terus memikirkan, bagaimana cara antisipasi yang paling efektif, supaya tidak terjadi pelanggaran-pelanggaram ketertiban," katanya.

Marsis tidak menampik ada beberapa faktor yang menjadi kendala pengaturan para pengunjung saat berada di atas candi Borobudur. Salah satunya, jumlah petugas yang tidak sebanding dengan banyaknya pengunjung. Minimnya pengawasan menjadi peluang pengunjung untuk melakukan pelanggaran.

"Jumlahnya tidak sebanding dengan banyaknya pengunjung dan luas wilayah yang harus diawasi. Kami akan lakukan pembenahan dan mungkin salah satu alternatif solusinya dengan menambah petugas," ucap dia

Indozone Id

Netizen | Kecam | Ulah | Seorang |

Copyright @2015