Minggu, 08 Oktober 2017 20:49 WIB

Suka Mandi Malam? Ini Dampak Bahaya Dan Manfaatnya

 Suka Mandi Malam? Ini Dampak Bahaya dan Manfaatnya
Ilustrasi seorang pria mandi shower

SR28JAMBINEWS - Bagi sebagian orang, mereka biasanya tidak sempat mandi di sore hari karena mereka pulang dari bekerja setelah matahari tenggelam. Kondisi tersebut memaksa mereka untuk mandi pada malam hari. Namun selain alasan tersebut, beberapa orang juga biasanya sengaja mandi pada malam hari karena pada sore hari mereka biasanya masih berkeringat atau masih merasa gerah.

Mandi malam hari tidak dipungkiri dapat memberikan kesegaran pada tubuh kita dan juga memberikan beberapa keuntungan. Kamu juga pasti sudah pernah mendengar mengenai mitos mandi di malam hari. Banyak orang mengatakan bahwa mandi malam akan membuatmu mengalami rematik.

Namun jika kamu membaca atau membuka kembali buku-buku kesehatan yang berbicara mengenai rematik, hampir tidak ditemukan penyebab rematik tersebut adalah mandi pada malam hari. Jadi bisa dipastikan bahwa mandi malam yang dapat menyebabkan rematik hanyalah mitos belaka.

1. Mitos dampak mandi malam menyebabkan rematik

Penyakit rematik biasanya banyak dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut dan seringkali muncul atau terasa pada malam hari termasuk pada saat saat cuaca sangat dingin. Jadi, apabila seseorang yang mengalami rematik mandi pada malam hari, mereka akan merasakan sakit.

Dari sanalah kemudian mitos berkembang yang mengatakan bahwa mandi malam dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit rematik. Padahal, penyakit rematik atau yang dikenal dengan reumatoid artritis bisa disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang keliru mengidentifikasi jaringan-jaringan sendi sebagai benda asing yang harus segera dikeluarkan atau dikalahkan.

Akibatnya, sendi-sendi tersebut akan mengalami pembengkakan karena mendapatkan perlawanan dari imun tubuh, sehingga kadang terasa kaku dan sakit, bahkan bisa saja terasa panas dan mengalami peradangan.

Akibat dari masalah tersebut, kemampuan dari sendi kita untuk bergerak akan berkurang. Beberapa gejala yang biasanya muncul adalah rasa lelah, nyeri pada otot, kehilangan nafsu makan dan bahkan dapat menyebabkan demam.

Untuk mengatasi masalah ini, biasanya pasien dianjurkan secara rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, mengurangi stres, dan beristirahat cukup.

2. Mandi malam bisa membantu kita tidur lebih cepat

Apabila kamu ingin tidur lebih cepat dan lebih nyenyak, cobalah untuk mandi pada malam hari, misalnya setelah makan. Mandi malam bisa menenangkan dan membantu menghilangkan stres serta mendinginkan tubuh setelah seharian bekerja dari pagi hingga malam.

Pada saat tubuh mulai dingin, maka ia akan tidur dengan lebih cepat dan lebih pulas.

Untuk bisa tidur lebih cepat dan lebih nyenyak, setidaknya harus mandi, satu setengah jam atau dua jam sebelum tidur.

3. Manfaat utama mandi untuk membersihkan tubuh

Setelah seharian bekerja, terkadang kita berkeringat sehingga bakteri sudah pasti ada di mana-mana dan bisa dikatakan di seluruh tubuh kita. Dengan mandi malam, maka kita memiliki kesempatan untuk membersihkannya. Dengan begitu, kita akan terhindar dari bau badan dan beberapa orang bisa mengatasi jerawat dengan mandi setelah bekerja seharian.

Mandi adalah salah satu cara untuk membersihkan kulit dan memberikannya kelembaban. Selain itu, kotoran dan minyak yang menempel di tubuh serta di wajah akan terhapus.

4. Mandi malam bisa membantu bangun lebih pagi

Jangan heran apabila kamu sering mendapati dirimu bangun pada pagi hari dan kemudian ingin menambahnya 15 menit lagi atau, lima menit lagi, atau bahkan mungkin setengah jam hingga 1 jam.

Dan kamu juga tidak perlu heran kalau sering menemukan dirimu berjalan ke kamar mandi dengan mata yang masih terpejam karena ngantuk.

Jika kamu ingin bisa bangun pagi, tentunya kamu juga harus tidur lebih awal. Dan mandi malam seperti yang telah disebutkan pada point sebelumnya dapat membantu kita tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Kemudian pada saat pagi menjelang, kita akan bangun lebih segar. Itu adalah salah satu manfaat mandi malam yang harus kamu tahu.

5. Dapat membantu mengatasi alergi

Apabila kamu sering mengalami alergi terutama akibat serbuk sari, sebenarnya mandi malam bisa membantu menghilangkan berbagai alergen atau iritan yang menyebabkan alergi dari tubuh kita seperti, dari rambut dan bagian tubuh yang lainnya.

Dengan mandi sebelum tidur akan membuat tubuh menjadi bersih, sehingga bantal dan sprei yang akan kita tidur juga akan bersih. Dengan begitu, keuntungan ganda pun kita dapatkan.

6. Mandi dapat membuat gairah seksual meningkat

Mandi, entah itu dengan air dingin atau dengan menggunakan air hangat pada malam hari akan membuat hormon di dalam tubuh kita, seperti hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita meningkat.

Kondisi tersebut secara otomatis akan meningkatkan gairah seksual dan sistem reproduksi secara otomatis akan mengalami peningkatan kesehatan.

Tidak hanya itu, bagi kamu yang sudah memiliki pasangan, tentu saja mandi malam akan membuatmu tampil lebih segar dan lebih percaya diri.

7. Kerugian mandi malam, membuat tidur dengan tidak nyaman

Apabila mandi malam dilakukan hanya beberapa saat sebelum tidur, hal tersebut akan membuat beberapa orang merasa tidak nyaman, terlebih apabila mereka adalah wanita yang memiliki rambut tebal dan panjang.

Karena mandi pada malam hari dengan membasuh seluruh kulit kepala dan rambut akan membuatnya sedikit lebih sulit untuk kering, terutama karena kondisi cuaca di malam hari yang juga dingin.

Jadi, secara otomatis tidur dengan rambut basah akan membuat kita merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk tidur setidaknya 2 jam setelah mandi atau setelah rambut kering.

8. Air dingin menyebabkan tubuh kaget

Setelah seharian diforsir untuk bekerja dari pagi hingga malam, tubuh kita sebenarnya berada dalam kondisi yang sangat panas. Suhu tubuh kita pertama kali akan meningkat satu jam sebelum bangun tidur dan kemudian akan meningkat lagi pada siang hari, kemudian puncaknya akan terjadi pada sore dan malam hari.

Apabila ketika tubuh sangat panas dan langsung diguyur dengan air dingin, maka kemungkinan besar tubuh akan menjadi kaget sehingga dapat menyebabkan beberapa organ tubuh terganggu yang dapat menyebabkan sakit.

Teori dampak mandi malam ini kurang lebih sama seperti yang sering kita dengar dari ahli kesehatan mengenai, dilarangnya kita mandi sesaat setelah berolahraga ketika tubuh sedang sangat panas. Idealnya, kamu terlebih dahulu harus beristirahat dan santai sebelum mandi.

Terlepas dari keuntungan dan kerugian tersebut, untuk menghindari agar kulit tidak mudah kering dan mudah mengalami penuaan dini, sebaiknya kamu tidak terlalu sering mandi dengan air panas atau air hangat.

Suka | Mandi | Malam? | Ini |

Copyright @2015