Rabu, 11 Oktober 2017 09:33 WIB

Ini Penjelasan Ketum PSI Soal Pendaftaran Yang Belum Dapat Diterima KPU

 Ini Penjelasan Ketum PSI soal Pendaftaran yang Belum Dapat Diterima KPU
PSI saat daftar ke KPU.

JAKARTA - DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyambangi markas Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Selasa, 10 Oktober 2017. Parpol itu datang dengan maksud melakukan pendaftaran sebagai partai peserta Pemilu 2019.

Namun, KPU belum bisa menerima pendaftaran partai tersebut karena ada kekurangan. Ketua Umum PSI Grace Natalie menjelaskan ihwal penolakan dokumen yang diajukan pihaknya kepada KPU. Ia mengatakan kekurangan itu karena adanya permasalahan saat mengisi data di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

"Dalam proses penyempurnaan. Karena antara lain ada double loadingsaat upload dokumen. Hingga dokumen yang masuk di sipol lebih banyak daripada hard copy-nya. Jadi sekarang harus dicek agar sesuai jumlah yang di sipol dan hardcopy-nya," ujarnya kepada Okezone, Kamis (11/10/2017). 

Ia menambahkan, proses penyelesaian data yang sedang disempurnakan itu tergantung dari sistem sipol itu sendiri.

"Misalnya saat sistem down kami sedang tahap upload 100 dokumen. Jadi, kami upload ulang 100 dokumen itu. Ternyata malah di sistem jadi ada 200 dokumen. Padahal yang benar hanya 100 dokumen," terangnya.

Saat disinggung soal kapan bakal melakukan pendaftaran kembali ke KPU, ia belum bisa memberikan penjelasan lebih detail perihal waktu yang pasti. Karena semuanya itu tergantung dari sistem yang ada di sipol, apakah ada gangguan atau tidak.

"Enggak perlu dibuat prosesi khusus sih. Lebih terkait sistem. Dokumen fisik enggak masalah. Kalau sistemnya lagi lambat atau down ya kami enggak bisa paksakan cepat," pungkasnya.

Ketika Okezone mencoba mengonfirmasi kepada ketua dan komisioner KPU RI melalui pesan Whatsapp, pesan yang dikirim oleh wartawan hanya dibaca tanpa memberikan respons soal penolakan dokumen PSI tersebut.

Source: Okezone

Ini | Penjelasan | Ketum | PSI |

Copyright @2015