Rabu, 11 Oktober 2017 09:49 WIB

Belanda Gagal Lolos Piala Dunia, Pertama Kali Sejak 2002

 Belanda Gagal Lolos Piala Dunia, Pertama Kali sejak 2002
Robben gagal bawa Belanda lolos ke Piala Dunia 201

Salah satu negara kuat di percaturan sepakbola dunia, Belanda, gagal ambil bagian di Piala Dunia 2018. Setelah melalui 10 pertandingan kualifikasi, tim asuhan Dick Advocaat hanya mengemas 19 poin dan duduk di posisi tiga Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa.

Sebenarnya poin Belanda identik dengan penghuni posisi dua yang akhirnya lolos ke fase playoff, Swedia. Namun, Arjen Robben dan kawan-kawan kalah selisih gol sehingga gagal tampil di turnamen empat tahunan tersebut.

Absennya Belanda jelas sangat disayangkan. Sebab dalam dua edisi terakhir Piala Dunia (2010 dan 2014), Der Oranje –julukan Belanda– menunjukkan eksistensinya. Setelah finis di posisi dua Piala Dunia 2010, Belanda menyelesaikan turnamen di tangga ketiga pada 2014, usai mengalahkan Brasil 3-0.

Gagal lolos ke Piala Dunia merupakan yang pertama bagi Negeri Kincir Angin terhitung sejak 2002. Sama seperti kualifikasi kali ini, saat itu Belanda juga menduduki posisi tiga klasemen akhir.

Saat itu, Belanda yang ditangani Louis van Gaal kalah bersaing dari Portugal dan Republik Irlandia yang sama-sama mengemas 24 angka. Karena itu, tugas berat menghadang KNVB (PSSI-nya Belanda).

Hal itu karena dalam dua hajatan besar terakhir, Belanda tak ambil bagian. Sebelumnya di Piala Eropa 2016, Belanda juga tidak tampil karena kalah bersaing dari Republik Ceko, Islandia dan Turki di babak kualifikasi.

Karena itu, besar kemungkinan Advocaat yang sudah berusia 70 tahun akan dipecat dan diganti juru taktik anyar yang lebih muda. Nama Frank De Boer atau Marco van Basten masuk bidikan KNVB.

Source: Okezone

Belanda | Gagal | Lolos | Piala |

Copyright @2015