Rabu, 08 November 2017 11:09 WIB

Iniloh Manfaatnya Kalau Ayah Aktif Mengasuh Bayi Sejak Lahir

 Iniloh Manfaatnya Kalau Ayah Aktif Mengasuh Bayi Sejak Lahir
Ayah mengasuh bayi (Ilustrasi)

SR28JAMBINEWS -- Sebuah penelitian di Inggris menyatakan bahwa interaksi bayi yang baru lahir dengan sang ayah memberikan dampak besar pada perilaku anak di kemudian hari.

Dilansir dari Dayli Mail, peneliti bahkan menganjurkan suami untuk mengambil cuti kerja setelah istrinya melahirkan. Penelitian telah membuktikan bahwa ikatan emosional antara anak dan ayah sebelum usia satu tahun berpengaruh signifikan terhadap fase tumbuh kembang anak.

Ayah yang lebih aktif terlibat dalam pengasuhan anak sejak lahir hingga usia tiga bulan akan memberikan dampak positif terhadap perilaku sang anak di kemudian hari.

"Ayah yang lebih aktif terlibat dalam pengasuhan anak sejak lahir hingga usia tiga bulan akan memberikan dampak positif terhadap perilaku sang anak di kemudian hari."

Studi yang melibatkan 192 keluarga yang baru memiliki bayi ini merekam aktivitas ayah dan ibu, termasuk saat mereka sedang berinteraksi bersama anak pada berbagai situasi yang berbeda, misalnya saat merawat atau bermain bersama anak.

Dari penelitian diketahui bahwa bayi laki-laki berusia di bawah tiga bulan yang banyak berinteraksi dengan ayahnya, serta menjalin hubungan yang kuat dengan sang ayah ternyata lebih memiliki sikap yang tenang dan bahagia saat berusia satu tahun.

Sementara itu, pada bayi laki-laki di bawah tiga bulan yang jarang berinteraksi dengan ayahnya atau sang ayah nampak seperti tak mempedulikan anak, maka anak akan menunjukkan sikap yang buruk, yakni agresif, temperamental, dan sebagainya.

Setidaknya 10 persen anak yang tidak memiliki kedekatan dengan ayah akan menunjukkan perilaku negatif.

Pada umumnya, ibu hamil dan menyusui akan memproduksi hormon oksitosin atau juga disebut dengan hormon cinta. Oksitosin juga bisa dihasilkan ayah melalui interaksi yang dilakukan dengan bayinya.

Ketika ayah bermain dan memberikan sentuhan kepada bayi, ini akan meningkatkan kadar hormon oksitosin dalam tubuhnya.

NBC News menulis hormon oksitosin yang menimbulkan perasaan cinta, koneksi, dan rasa saling memiliki dalam sebuah hubungan, dapat meningkatkan kualitas ikatan ayah.

 

Iniloh | Manfaatnya | Kalau | Ayah |

Copyright @2015