Jumat, 15 Desember 2017 09:45 WIB

Ombak Tinggi, Nelayan Di Tanjabbar Dihimbau Waspada

 Ombak Tinggi, Nelayan di Tanjabbar Dihimbau Waspada
Nelayan dihimbau waspada karena gelombang tinggi

KUALA TUNGKAL (SR28) -- Dinas Perikanan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, menghimbau kepada Nelayan di Tanjab Barat untuk lebih mewaspadai terjadinya ombak tinggi. Bahkan ketinggian gelombang diperairan timur Jambi lebih tinggi dari sebelumnya.

Kepala Dinas Perikanan Tanjab Barat Ir. H. Zabur Rustam, MM, mengatakan ketinggian gelombang perairan Timur Jambi lebih tinggi dari biasanya. Hal itu disebabkan suhu muka laut di Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera dan di perairan Timur Jambi berkisar 28 derajat celcius hingga 29 derajat celcius, sehingga memicu pembentukan awan-awan konvektif.

"Kondisi seperti itu kecenderungan gelombang laut lebih tinggi untuk saat ini," kata Zabur.

Menurutnya, potensi gelombang tinggi lebih banyak terjadi pada siang hingga malam hari. Ketika terjadi panas terik dan pembentukan awan konvektif cumulonimbus, maka ancaman gelombang tinggi berlangsung pada sore hingga malam hari.

"Kondisi cenderung berangsur normal pada pagi harinya. Nah akibat cuaca yang tidak menentu dan terbilang ekstrim,Nelayan kami imbau untuk memperhatikan perubahan iklim dan cuaca ini, sebelum melaut.  Jika pembentukan awan sangat besar, perlu diwaspadai," imbuhnya.

Seoran nelayan di Tanjabbar Maman, mengatakan tingginya ombak di laut berkisar antara 2-3 meter."Kami nelayan pun menjadi khawatir terhadap tingginya gelombang laut ini, ombak memang lagi tinggi saat ini" ujar Maman.

Terpisah Kapolres Tanjab Barat, AKBP.Alfonso Doly Gelbert Sinaga,Sik,melalui Kapolsek KP3 Iptu Sisca W, Sik juga menghimbau kepada Nelayan yang berada didaerah Sungai Pengabuan agar berhati-hati dalam mencari ikan mau pun yang berlayar.

" aat ini ombak laut tinggi, takutnya memakan jiwa, oleh karna itu lebih baik dengan cuaca yang tidak bagus ini, nelaya jangan berlayar dulu," ujarnya.

 

Reporter: Sabri| Redaktur: Agus Sholihin Abar

Ombak | Tinggi, | Nelayan | di |

Copyright @2015