Senin, 18 Desember 2017 12:25 WIB

Sekda Provinsi Jambi Harapkan Peran Ulama Lebih Optimal

 Sekda Provinsi Jambi Harapkan Peran Ulama Lebih Optimal
Sekda Prov. Jambi, M.Dianto

JAMBI (SR28) -- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M Dianto,M.Si mengajak para alim ulama dan cendikiawan untuk menjaga kerukunan umat beragama dan antar umat beragama untuk kepentingan negara ini dengan menjalin tali silahturahmi antara alim ulama dan cendikiawan. Hal tersebut disampaikan Sekda dalam Penutupan Temu Alim Ulama se Provinsi Jambi Tahun 2017, bertempat di Golden Harvest Jambi, malam (13/12/2017) malam.

Sekda mengemukakan, peran alim ulama harus lebih optimal dalam mengarahkan dan mengawasi proses pembangunan, melalui pemahaman yang luas tentang aturan-aturan agama, serta ulama bisa menjadi mitra dengan Pemerintah Provinsi Jambi guna menjaga konsistensi sikap amanah dalam pengelolaan Pemerintah Daerah karena tata kelola pemerintah yang sesuai dengan ridho Allah SWT akan mendatangkan keberkahan hidup bagi masyarakat, khususnya masyarakat Provinsi Jambi.

"Saat ini kita merasakan beberapa problematika yang masih mempengaruhi harmonisasi dan keindahan kehidupan umat, diantaranya semakin lunturnya penghayatan dan pengamalan nilai-nilai agama akibat dampak negatif dari globalisasi, semakin maraknya ajaran agama yang menyimpang serta meningkatnya intensitas konflik horizontal antar umat beragama dan menjamurnya ajakan-ajakan kebencian," ujar Sekda.

Sekda menerangkan, kondisi internal umat Islam juga masih butuh penguatan dalam segala aspek, dari segi akidah, masih banyak umat Islam yang bergelut dengan kesyirikan yang dibungkus dengan melestarikan tradisi dan budaya. Dari sisi ibadah, masih banyak umat Islam melaksanakan ritual ibadah yang tidak dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan tidak pernah dikerjakan juga oleh para sahabat Nabi Muhammad SAW.

Lebih lanjut, Sekda mengharapkan para alim ulama beserta pimpinan organisasi masyarakat Islam dalam Provinsi Jambi untuk bersama-sama Pemerintah Provinsi Jambi, membantu memikirkan, merumuskan dan menyusun langkah-langkah komperhensif dalam menyelesaikan problematika yang dihadapi oleh masyarakat Provinsi Jambi.

Reporter: Raihan| Foto: Agus

Sekda | Provinsi | Jambi | Harapkan |

Copyright @2015