Senin, 09 Desember 2013 18:51 WIB

Tanggapan Publik Singapura Atas Kerusuhan Di Little India

 Tanggapan Publik Singapura Atas Kerusuhan di Little India

Singapura selama ini dikenal sebagai salah satu negara paling aman di dunia. Namun reputasi itu tercoreng dengan kerusuhan yang terjadi di Little India. Publik Singapura pun bereaksi atas kejadian yang menyebabkan 39 orang terluka, termasuk beberapa polisi.

"Ya Tuhan," tulis seorang pembaca di situs Yahoo! Singapore seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (9/11/2013). "Bagaimana hal seperti itu bisa menimpa Singapuraku," tulis pembaca yang menggunakan nama Hayeden.

Blogger ternama Singapura, Andrew Loh mengatakan, warga Singapura terkejut karena "kami belum pernah melihat sesuatu sebesar ini sebelumnya".

"Saya telah bekerja bersama para pekerja asing di sini dan saya pada umumnya mengenal mereka sebagai orang-orang yang cukup bijak dan pekerja keras, jadi pasti ada alasan yang serius mengapa kerusuhan itu terjadi," tuturnya.

Kepolisian mengatakan, 27 orang yang berumur antara 23 tahun dan 45 tahun telah ditangkap terkait kerusuhan itu. Mereka termasuk 24 warga India, 2 warga Bangladesh dan seorang penduduk tetap Singapura.

Kerusuhan tersebut pecah di Little India pada Minggu (8/12) malam. Kerusuhan ini dipicu tertabraknya seorang warga keturunan India berumur 33 tahun hingga tewas oleh sebuah bus pariwisata. Kecelakaan ini kemudian memicu kemarahan sekitar 400 warga yang melakukan amuk massa.

Massa membakar mobil-mobil polisi, ambulans dan kendaraan-kendaraan lainnya. Kerusuhan baru reda setelah tentara Gurkha Singapura turun ke lokasi dan melakukan penindakan.

ard | detik

Tanggapan | Publik | Singapura | Atas |

Copyright @2015