Rabu, 25 Desember 2013 16:20 WIB

Tujuh Tradisi Khas Perayaan Natal Di Beberapa Negara

 Tujuh Tradisi Khas Perayaan Natal di Beberapa Negara
Di India

Natal biasanya dirayakan dengan makan bersama, tukar kado dan ngumpul bersama keluarga. Namun beberapa negara di dunia rupanya memiliki tradisi nyeleneh dalam merayakan Natal. Seunik apa sih tradisi itu?

1. Ukraina: Laba-laba di pohon Natal

Warga di Ukraina terbiasa menghias pohon Natal dengan jaring laba-laba dibanding ornamen yang cantik. Rupanya tradisi itu berasal dari cerita rakyat setempat.  Dahulu kala ada seorang perempuan miskin yang tidak punya uang untuk menghias pohon Natal. Tapi keesokan harinya saat putranya bangun melihat sinar matahari menyinari sarang laba-laba di pohon Natal itu sehingga berubah jadi emas dan perak yang membuat keluarga itu tak lagi miskin.

2. India: Pohon Natal pisang dan mangga

Jika Natal identik dengan mendekorasi pohon cemara maka tidak di India. Di sana pohon Natal berupa pohon pisang atau pohon mangga. Tak jarang pohon yang digunakan lengkap dengan setandan pisang menggantung. Tentu saja, pohon itu tetap didekorasi dengan hiasan bola-bola lampu dan sejenisnya.

3. Jepang: Makan KFC dan Christmas Cake

Setiap perayaan biasanya memiliki makanan khas yang berbeda antar negara. Jika di Amerika Natal identik dengan kalkun panggang maka Jepang suka makan KFC. Bermula dari strategi pemasaran saat Natal pada 40 tahun lalu, akhirnya orangtua menurunkan "tradisi" makan ayam KFC pada anak-anak mereka hingga kini. Christmas cake juga menjadi panganan wajib di Jepang saat Natal. Cake ini adalah jenis sponge cake dengan whipped cream, cokelat dan strawberry di atasnya untuk dimakan saat malam Natal dan setelah tanggal 25 cake ini tidak dimakan.

4. Finlandia: Mandi sauna saat Natal

Kebanyakan keluarga di Finlandia punya sauna sendiri karena mereka percaya tempat itu ditinggali peri yang akan melindungi. Mereka pun biasa mandi sauna setiap Natal. Namun diyakini setelah senja maka sauna sudah berubah jadi tempat tinggal hantu dan arwah.

5. Swedia: Bakar patung kambing

Di kota Gavle ada tradisi membakar patung kambing dari jerami setinggi 13 meter yang bermula pada 1966. Setelah habis terbakar mereka membuat lagi untuk dibakar setiap tahunnya saat malam Natal. Mulai 1988 warga mulai taruhan untuk melihat ketahanan patung itu tidak habis terbakar dan pada 2011 patung itu dibakar 25 kali.

6. Venezuela: Ice skating berangkat ke gereja

Di ibu kota Caracas setiap pagi Natal pukul 8 biasanya ada jalanan besar yang ditutup untuk kendaraan. Rupanya jalan itu digunakan sebagai tempat orang-orang ice skating untuk berangkat ke gereja menghadiri misa pagi.

7. Inggris: Puding isi koin

Di Inggris ada tradisi Puding Kismis yang disajikan untuk melengkapi hidangan perayaan Natal. Biasanya anggota keluarga yang masak berdoa mengharap sesuatu saat mengocok adonan kue. Kadang si pembuat memasukkan koin ke dalam adonan dan yang menemukannya saat Natal dianggap orang beruntung.

wowkeren.com

Sat

Tujuh | Tradisi | Khas | Perayaan |

Copyright @2015