Kamis, 27 Juni 2013 11:03 WIB

Kapolda : Kematian Hottua, Siswa SPN Karena Suhu Tinggi

 Kapolda : Kematian Hottua, Siswa SPN Karena Suhu Tinggi
Logo Polisi

JAMBI - Sebanyak 17 orang instruktur Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jambi diperiksa, pasca insiden meninggalnya dua siswa SPN, Hottua Halomoan Tampubolon dan Ferry Wahyudi. Pemeriksaan dilakukan oleh Propam Polda Jambi untuk mengungkap, apakah ada kesalahan prosedural selama siswa mengikuti pendidikan.

Kapolda Jambi, Brigjen Pol Satriya Hari Prasetya mengatakan akan menindak tegas, jika diketahui adanya siswa dipukul saat mengikuti pendidikan dan kelalaian dari instruktur. Sejauh ini, lanjutnya ia belum mendapat laporan adanya tindakan pemukulan. "Ada 17 instruktur yang sedang kita periksa. Kita masih selidiki apakah ada unsur kelalaian. Siapapun nanti akan diperiksa," ungkap Kapolda saat jumpa pers, Rabu (26/6). Selain melakukan pemeriksaan kepada instruktur, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kepada sejumlah siswa yang berdekatan dengan Hottua, sebelum diketahui menghilang. Hottua, lanjut Kapolda berada di belakang saat kegiatan lapangan sejak tiga hari dan diduga penyebab Hottua ke luar dari jalur yang telah ditentukan.

Siswa kiriman dari Polda Metro Jaya ini ditemukan meninggal pada Minggu (23/6), setelah hilang sejak Jumat (21/6). Dari pemeriksaan luar dan dalam oleh dokter forensik Polda Sumsel menyebutkan, Hottua meninggal karena suhu tinggi hingga menyebabkan kerusakan organ vital tubuh. Organ yang rusak berupa jaringan otak, hati, jantung, kantung kemih, paru dan ginjal. "Sebab kematian (Hottua) adalah karena suhu tinggi yang menyebabkan kerusakan organ vital tubuh. Tidak ada tanda-tanda kekerasan," ungkap pria yang baru menjabat sebagai Kapolda Jambi ini.

Cuaca ekstrim juga penyebab siswa Ferry Wahyudi meninggal dunia. Disampaikan pria berkulit putih ini, cuaca saat itu mencapai 38-40 derajat celcius dari hasil pengukuran. Tak ingin kejadian sama terulang, pihaknya akan mengevaluasi sistem pendidikan di SPN Jambi mengingat iklim yang kurang kondusif termasuk mengurangi kegiatan di lapangan.

Pla/Sat

Kapolda | : | Kematian | Hottua, |

Copyright @2015