Sabtu, 29 Juni 2013 12:00 WIB

21 Warga Afganistan Diamankan

  21 Warga Afganistan Diamankan
Ilustrasi

JAMBI - Sebanyak 21 orang warga negara Afganistan diamankan Resmob Subdit III Ditkrinum ( Resimen Mobil Sub Direktorat Kriminal Umum) Polda Jambi di Simpang Lampu Merah Kecamatan Kota Baru tepatnya di depan Kantor Mapolsek Kota Baru. Mereka diamankan saat menumpangi bus IMI Putra Persada bernopol BG 2724 LN, sekitar pukul 12.00 Jum’at (28/06).

Kapolda Jambi, Brigjen Pol Satriya Hari Prasetya mengatakan para imigran gelap tersebut rencananya akan menuju perwakilan PBB di Jakarta melalui Bandar Lampung. Tujuan ke Jakarta, lanjut Kapolda, kemungkinan untuk mencari suaka ke Australia. "Mereka tidak satupun memiliki identitas. Semuanya laki-laki dan mengaku dari negara Afganistan."

Dari hasil pengakuan para Imigram itu, mereka naik bus IMI Putra Persada dari Kota Dumai, Provinsi Riau pada Kamis (28/6), sekitar pukul 18.00. Sebelum ke Indonesia, para Imigran sempat mampir ke India kemudian ke Malaysia menggunakan pesawat. Dari Malasyia, menggunakan jalur yang diduga pelabuhan tikus hingga sampai ke Kota Dumai, Provinsi Riau. "Mereka menyeberang ke Dumai dan menggunakan jalur darat hendak ke Jakarta melalui Bandar Lampung," sebut Kapolda.

Terungkapnya keberadaan warga negara Afganistan tersebut berasal dari kecurigaan polisi melihat penumpang bus yang melintas menuju Palembang. Kecurigaan berupa wajah penumpang yang putih dan paras penumpang tidak seperti orang Indonesia. Polisi kemudian menyetop dan melakukan pemeriksaan.

Usai menjalani pemeriksaan, warga asing yang semuanya berjenis kelamin laki-laki akan diserahkan ke kantor Imigrasi untuk proses selanjutnya. Kata Kapolda, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Satgas di Mabes Polri. Ke 21 warga Afganistan itu yakni Ali Akbar (18), Safar Muhammad (22), Mahdi (19), Abas (22), Ghulam Murtaza (26), Muhammad Aman (31), Ali Dast (21), Jawad Ahmad (21), Mustafa (19), Said Jamil(27), Abdul Hamid (16), Hassan Bin Sultan (15), Ali Yazdan (32), Mujtaba (22), Ahmad (38), Jawwad Bin M Jumu (27), M Syarif (22), Ali Nazi (25).

"Kita akan perketat keamanan kita, terutama wilayah yang berdekatan dengan perbatasan," pungkasnya. Selain mengamakan 21 orang warga Afganistan, Kabid Humas Polda Jambi AKBP Almansyah mengatakan polisi juga mengamankan supir bus yakni Asriadi dan Herlis. Satu kondektur, Zulkarnain juga ikut diamankan. "Ketiganya masih diperiksa dan kita masih mengembangkan kasus ini untuk mengetahui, siapa saja yang terlibat," kata Almansyah.

Pla/Sat

21 | Warga | Afganistan | Diamankan |

Copyright @2015