Kamis, 03 April 2014 22:18 WIB

Geopark Merangin Berpeluang Menjadi Global Geopark UNESCO

 Geopark Merangin Berpeluang Menjadi Global Geopark UNESCO

JAMBI(SR28) - Geopark (taman bumi) Merangin berpeluang menjadi Global Geopark UNESCO. Hal tersebut tersirat dari pernyataan Sekretaris Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Yunus Kusumahabrata, kepada wartawan yang mewawancarainya usai pertemuan dengan Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA), bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis sore (3/4).

“Kita punya program untuk mensejahterakan masyarakat di kawasan geopark Merangin dan Kerinci, agar geopark tersebut bisa diresmikan menjadi global geopark UNESCO, sekarang statusnya sudah geopark nasional, tapi kalau kita bisa menaikkan kelasnya menjadi Global Geopark Nasional, maka ceritanya menjadi beda, menjadi mengangkat harkat derajat kita sebagai bangsa yang komit untuk melakukan konservasi, kemudian melakukan penggalian untuk meningkatkan edukasi sumber daya manusia, dan juga kita bisa mensejahterakan masyarakat yang ada di kawasan melalui program geopark,” ungkap Yunus.

Ditanya tentang tanggapan Gubernur Jambi, Yunus menyatakan, Gubernur Jambi sangat mendukung konsep ini karena konsep ini yang sudah jelas diadopsi oleh UNESCO sebagai lembaga yang sangat kredibel. “UNESCO sudah melakukan kajian dan ternyata memang sangat cocok untuk Indonesia. Dengan diresmikannya ini nanti, target kita meresmikan pada bulan September (2014), maka kita harus melakukan persiapan,” jelas Yunus.

Yunus menjelaskan bahwa aplikasi geopark Merangin telah diterima oleh UNESCO, sudah lulus tanpa catatan, sekarang menunggu pemeriksaan dari UNESCO untuk mengecek dokumennya benar atau tidak. “Untuk itu, kita harus merapatkan barisan. Disamping provinsi, kabupaten yang terkait harus betul-betul memahami apa yang harus dilakukan, kita harus bagi-bagi tugas. Gubernur yang mengkoordinasikan para bupati, kemudian juga menginstruksikan agar proyek-proyek pembangunan mendukung juga terhadap geopark, termasuk sarana prasarana,” tutur Yunus.

Yunus menyatakan, status yang dituju dari geopark Merangin adalah Global Geopark UNESCO, yang akan diumumkan di Kanada pada September 2014, tetapi sebelum itu akan di-assess dan dicek dulu oleh petugas dari UNESCO dan assessor dari UNESCO akan datang pada bulan Juni (2014), langsung ke lokasi.

“Mereka tidak bisa diatur-atur, mereka nanti mau kemana itu terserah mereka, kita hanya menyiapkan perangkat, nanti harus ada orang yang menjelaskan, perwakilan dari masyarakat sebagai perwakilan dari lembaga pengelola geopark itu, dan lembaga pengelola geopark itu dari masyarakat. Jadi, pemerintah sifatnya memfasilitasi,” pungkas Yunus.

Geopark | Merangin | Berpeluang | Menjadi |

Copyright @2015