Selasa, 22 April 2014 06:16 WIB

GOW Tanjab Barat Memperingati Hari Kartini

 GOW  Tanjab Barat Memperingati Hari Kartini

KUALATUNGKAL(SR28) – Bertepatan dengan Hari Kartini, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Tanjab Barat menyelenggarakan Peringatan Hari Kartini Tahun 2014. Peringatan yang bertepatan pada  Senin (21/04) yang diselengarakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjab Barat. Dalam pelaksanaannya, turut dihadiri oleh Ketua Penasehat GOW, Hj. Esrita Usman Ermulan, M.Si, Wabup Katamso SA SE ME beserta ibu Diana Hastanti Katamso, Wakil Ketua DPRD, Forkompinda, Ketua PA dan PN Kuala Tungkal, Staf Ahli, Kepala SKPD, sejumlah kepala bagian dan ibu-ibu anggota Gabungan Organisasi Wanita Kab Tanjab Barat.

Peringatan Hari Kartini yang diselenggarakan GOW diikuti oleh ratusan wanita yang terdiri dari anggota berbagai organisasi wanita yang tergabung dalam GOW. Mereka datang lengkap dengan menggunakan pakaian kebaya tradisional. Peringatan tersebut merupakan wujud penghormatan terhadap RA. Kartini, tokoh pejuang emansipasi wanita Indonesia.

Ketua Penasehat GOW, Hj. Esrita Usman Ermulan, M.Si mengatakan,” Emansipasi yang disuarakan oleh Kartini, sebenarnya lebih menekankan pada tuntutan agar kaum perempuan dapat memperoleh pendidikan yang lebih memadai, menaikkan derajat kaum perempuan yang kurang dihargai, kebebasan dalam berpendapat, dan mengeluarkan pikiran.”

”Tidaklah berlebihan kiranya jika kaum perempuan sekarang ini sudah mampu berbicara sejajar dengan kaum laki-laki. Ini menunjukkan bahwa bangsa kita, khususnya kaum perempuan benar-benar telah menyadari betapa pentingnya peranan dan kemampuan wanita dalam menegakkan kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat,” kata Hj Esrita.

“ Kita patut bersyukur karena para perempuan telah memiliki seorang pelopor pejuang nasib kaum perempuan, sehingga derajat kaum perempuan terangkat dari jurang kenistaan. Oleh sebab itu marilah kita tingkatkan pertisipasi kita terhadap gelora pembangunan sekarang ini, sehingga cita-cita Kartini segera dapat terwujud. Tentunya semangat kartini sebagai perintis kesetaraan gender, menjadi teladan bagi kaum perempuan di Indonesia dengan tidak melupakan kodratnya sebagai kaum perempuan,” imbuhnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Wabup Katamso SA.SE.ME dalam sambutannya mengatakan,” Saat ini wanita berperan hampir di semua lini kehidupan, baik itu di pemerintahan, bisnis, perusahaan, pendidik, dan lain sebagainya. Namun demikian, kodrat sebagai ibu rumah tangga, pendidik utama anak-anak tidaklah dapat dilupakan. Keseimbangan inilah yang mesti dan mutlak dituntut pada kaum wanita. Wanita adalah the agent of change, yang dapat mengubah banyak hal dalam kehidupan ini.”

Sab/Sat

GOW | | Tanjab | Barat |

Copyright @2015