Kamis, 24 April 2014 02:45 WIB

Polres Sarolangun Gelar Barang Bukti Milik Anggota Sindikat Perampok

 Polres Sarolangun Gelar Barang Bukti Milik Anggota Sindikat Perampok

SAROLANGUN(SR28) - Bertempat di halaman Mapolres Sarolangun,  Kapolres Sarolangun AKBP Ridho Hartawan dengan didampingi oleh Wakapolres Agung, dan Kapolsek Mandiangin Iptu Viky memimpin langsung gelar barang bukti hasil kejahatan yang dilakukan oleh sindikat perampok dan spesialis penjarah rumah kosong yang dipimpin oleh Rinto Harahap (25) warga Mandiangin yang merupakan salah satu Target Operasi (TO) Polsek Mandiangin sejak lama.

Pasalnya tersangka merupakan pemain yang cukup lama menjadi incaran aparat. Meski usianya terbilang muda, namun tindak kriminalnya sudah diendus pada 13 Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan aksi tak terpujinya itu telah dilakukan semenjak tahun 2009 lalu. Dari banyaknya hasil barang bukti yang didapatkan, rupanya cukup mencengangkan publik. Sejumlah barang bukti berupa 4 unit kendaraan roda dua, 2 unit laptop merk Acer, 4 unit HP Nokia, 1 unit HP Blackbery, 1 kunci letter T, pahat, kunci letter L, 1 unit mesin pompa air, amplifer, dompet, dan kuitansi milik para korbannya yang diamankan.

Kapolres mengatakan bahwa gelar barang bukti itu dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja Polsek Mandiangin yang dengan cekatan mampu membekuk satu dari empat orang pelaku yang sering melakukan kejahatan di wilayah hukum Polsek Mandiangin.
“ Saya sangat mengapresiasi kinerja Kapolsek Mandiangin, sebab tersangka ini merupakan TO kami sejak lama dan sudah melakukan tindak kejahatan yang cukup banyak. Banyak barang bukti yang kita dapatkan dari tangan tersangka. Selama ini komplotan ini sudah melakukan aksinya 13 kali di TKP yang berbeda dan tersangka juga sering menggunakan senjata api jenis FN untuk memperdayai korbannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan bahwa tersangka telah melakukan aksinya di beberapa TKP dan korbannya lumayan banyak seperti nasabah bank, debt collector Columbus, dan rumah kosong.
“ Tersangka beraksi dengan 3 orang rekannya. Selama beraksi, korbannya di antaranya nasabah bank, debt collector. Mereka juga merupakan spesialis pencuri di rumah kosong. Kita telah mendapatkan laporan dari beberapa orang korban aksi sindikat ini semenjak tahun 2009 lalu,” jelasnya.

Kapolres dan jajarannya masih terus melakukan pengejaran terhadap rekan-rekan tersangka. Identitas mereka sudah dikantongi. Untuk tersangka sendiri akan dijerat dengan pasal berlapis.
“ Kita tidak akan berhenti sampai di sini saja dan masih akan terus melakukan pengejaran kepada para tersangka lainnya. Identitas mereka sudah kita kantongi dan kita akan ungkap kasus ini hingga tuntas. Tentu saja tersangka akan  kita jerat dengan pasal berlapis, yaitu pasal 363 dan 365 KUHP,” tegasnya.

Kapolres juga menjelaskan bahwa untuk saat ini barang bukti yang masih belum didapatkan kepolisian masih cukup banyak, namun keberadaan barang-barang bukti tersebut sudah diketahui dan tinggal menjemput saja.
“ Masih banyak barang bukti hasil kejahatan komplotan ini yang tersebar di beberapa kabupaten, tapi kita sudah miliki data keberadaan barang bukti tersangka dimana mereka jual,” jelasnya.

Sementara itu Rinto Harahap kepada sejumlah wartawan mengatakan bahwa dirinya sudah melakukan aksinya di 13 TKP. Dirinya selama ini berperan sebagai pengintai dan sesekali menjadi eksekutornya, sementara hasil yang didapatkan mereka hanya untuk berfoya-foya.
“ Saya beberapa kali ikut melakukan aksi bersama dengan komplotan saya. Saya sering menjadi eksekutornya. Adapun selama ini hasil kejahatan yang dapatkan, hanya habis untuk foya-foya saja,” katanya.

Disebutkan juga olehnya bahwa setiap kali hendak melakukan aksinya mencuri sepeda motor, dilakukan setelah mendapatkan pesanan jenis kendaraannya.
“ Saya bersama dengan rekan lainnya ‘memetik’ sepeda motor sesuai dengan pesanan pembeli dan rata-rata kendaraan yang masih tahun muda/masih baru. Selain agak mahal harganya, juga mudah untuk menjualnya,” tandasnya.

Yan/Sat

Polres | Sarolangun | Gelar | Barang |

Copyright @2015