Jumat, 25 April 2014 07:50 WIB

Kadis ESDM TJB : Batu Alam Mirip Di Kutub Utara Di Lubuk Bernai Menjadi Penelitian UNESCO

Kadis ESDM TJB : Batu Alam Mirip Di Kutub Utara Di Lubuk Bernai Menjadi Penelitian UNESCO

KUALATUNGKAL(SR28) - Sejak dikunjungi peneliti wisata alam dari UNESCO beberapa waktu lalu, ternyata di Tanjab Barat ditemukan batu yang sama dengan yang ada di Kutub Utara.
“ Karena adanya kesamaan itu para ahli mempertanyakan apakah dulu Kutub Utara itu bergerak dari daerah kita atau sebaliknya. Penemuan ini akan sangat menarik di masa mendatang. Lokasi penemuan batu itu berada di Desa Lubuk Bernai Kecamatan Batang Asam Tungkal Ulu yang tidak jauh dari pemukiman warga,” ujar Yon Hery, Kadis Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kamis (24/04) saat dikunjungi SR28 dan beberapa awak media di Kantor Bupati Tanjab Barat.
 
“ Dari temuan bebatuan yang memiliki kesamaan dengan yang ada di Kutub Utara, belum diketahui berapa luas sebaran batu-batu itu. Hanya saja bentuknya tidak seperti yang kita bayangkan. Bentuknya biasa-biasa saja, tetapi memiliki kemiripan dengan yang ditemukan di Kutub Utara. Temuan itulah yang menarik para ahli dari UNESCO,” paparnya.
 
“ Untuk mengkaji lebih dalam, para peneliti UNESCO mengunjungi 3 kabupaten, yaitu Merangin, Kerinci, dan Tanjab Barat sejak 3 bulan lalu,” ungkapnya.
 
“ Dengan adanya temuan batu-batu unik tersebut, kita tidak akan melakukan pemagaran atau pematokan, karena lahan tersebut masih milik masyarakat. Kita menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga daerah yang memiliki batu tersebut, jangan merusak, atau menanam sawit di lahan tersebut. Nanti bisa jadi lahan tersebut menjadi  lokasi cagar budaya, karena ditemukan batu yang bentuknya sama dengan yang ditemukan di Kutub Utara,” tandasnya.

Sab/Sat

Kadis | ESDM | TJB | : |

Copyright @2015