Jumat, 25 April 2014 18:01 WIB

119 Depot Air Di Tebo Belum Kantongi Ijin Layak Sehat

 119 Depot Air di Tebo Belum Kantongi Ijin Layak Sehat

MUARATEBO(SR28) - Hati-hati dalam mengkomsumsi air isi ulang yang dijual di depot-depot di Tebo. Pasalnya sebanyak 119 pemilik depot air isi ulang di Tebo belum memiliki ijin layak sehat dari Dinkes Tebo. Dinkes berhak menerbitkan ijin layak sehat kepada pemilik depot air. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan kepada konsumen agar air yang dikonsumsi benar-benar aman.

Ridwan, Kadis Kesehatan Tebo mengakui, saat ini belum ada satupun depot air yang ada di Tebo mengantongi ijin layak sehat. Namun sampel air yang diambil secara acak dari beberapa depot air sudah dikirim ke Kota Jambi untuk dilakukan uji laboratorium.

"Kita keterbatasan alat uji lab, makanya sampel air dari depot kita kirim ke Kota Jambi untuk mengetahui layak atau tidak air tersebut," ujarnya, Jum’at (25/04).

Lebih lanjut dikatakan akan ada pengetatan izin depot air minum di Kabupaten Tebo, karena sebagian besar masyarakat Tebo, sudah beralih mengkonsumsi air minum dari depot-depot air minum tersebut

Di sisi lain, banyak depot yang belum mengantongi izin layak sehat dari Dinkes. Kondisi seperti itu lanjut Ridwan, sangat merugikan masyarakat. Karena air yang dijual tidak layak sehat. Karena sumber mata air untuk depot tersebut, juga harus jelas dan tidak sembarangan. Karena diduga ada depot yang mengambil air mineralnya dari sungai dan sebagainya.
“ Setiap depot nanti kita tempelkan peringatan untuk memperhatikan kesehatan dan kebersihan air isi ulang,” ujar Ridwan.

Dinas Kesehatan Tebo sampai saat ini sudah mendata jumlah depot air dan sedikitnya ada 119 pemilik depot air yang sudah memiliki ijin usaha, namun belum memiliki ijin layak sehat dari Dinkes. Diantaranya di Muara Tebo 18 depot air, Teluk Singkawang 10, Pulau Temiang 13, Sungai Sabang 7, Tuo Pasir Mayang 6, Rimbo Bujang II 16, Rimbo Bujang IX 9, Alai Ilir 10, Mengupeh 5, Sei Bengkal 14. SP II Sekutur Jaya 3, Pintas 7, dan Teluk Lancang 1. " Totalnya ada 119 depot air isi ulang," sebutnya.

Untuk tetap memberikan perlindungan kesehatan kepada konsumen, pihaknya bakal memperketat pengawasan di tiap depot melalui himbuan serta peringatan keras. "Kalau kedapatan tidak punya ijin layak sehat, ancamannya kita cabut ijinnya," tandasnya.

Bbe/Sat

119 | Depot | Air | di |

Copyright @2015