Rabu, 04 Juni 2014 18:57 WIB

Hanya Dilepas Secara Adat, Warga Tebo Ngotot Otak Pelaku Pembobol Rumah Segera Diciduk

 Hanya Dilepas Secara Adat, Warga Tebo Ngotot Otak Pelaku Pembobol Rumah Segera Diciduk

MUARATEBO(SR28) - Otak pelaku pembobolan rumah warga di Paal 5 desa Bogorejo, Kecamatan Tebo Tengah, Aris alias Kulup (22) dan Dendi (22), kemarin malam dilepaskan secara adat. Keduanya dilepaskan setelah memenuhi kewajiban, yakni menyerahkan seekor kambing sebagai syarat dan secepatnya meninggalkan kampung.

Sunaryo, korban pencurian menuturkan, meski telah diselesaikan secara adat, diharapkannya kepada dua orang otak pelaku tadi tetap diproses secara hukum yang berlaku. "Kita minta keduanya tetap menjalani proses hukum, karena walau bagaimanapun keduanya terbukti sebagai dalang pencurian di rumah saya," bebernya, Rabu (04/06).

Tertangkapnya kedua otak pelaku tadi kata Sunaryo, berkat petunjuk sebuah ponsel milik pelaku yang tertinggal di dalam rumahnya. Aksi pelaku diketahu Sunaryo ketika salah seorang warganya bernama Santoso mendapatkan pintu rumah miliknya dalam keadaan terbuka. Aksi pelaku sempat digagalkan Santoso, namun pelaku yang berjumlah tiga orang tersebut berhasil lolos. "Ketiga pelaku berhasil kabur. Saat itulah kami menemukan HP pelaku sebagai petunjuk bahwa aksi tersebut ada yang mendalanginya," terang Sunaryo.

Berdasarkan penuturan Sunaryo, kedua pelaku Aris alias Kulup dan Dendi diringkus setelah mengetahui di HP milik pelaku terdapat panggilan dan pesan singkat dari keduanya. 

Atas informasi itulah warga dan petugas kepolisian langsung meringkus keduanya di tempat tinggalnya.

"Kalau berdasarkan pengakuan pihak kepolisian kenapa kedua pelaku pencurian tadi dilepas, karena tidak memiliki cukup bukti," sebutnya.

Sementara itu Sunaryo dan warga sekitar berencana menuntut tuntas agar kedua pelaku tadi ditangkap. "Kita ingin keduanya kembali ditangkap, karena bagaimanapun aksi tindak pidana harus diproses secara hukum," tandasnya.

Sementara berdasarkan laporan korban, kerugian yang dideritanya berupa 1 unit handphone dan uang tunai sebesar Rp 7,5 juta. 

 

Bbe/Sat

Hanya | Dilepas | Secara | Adat, |

Copyright @2015