Jumat, 15 Agustus 2014 17:23 WIB

Diduga Pabrik Minyak Kelapa Sawit PT PHK Belum Memiliki IMB

 Diduga Pabrik Minyak Kelapa Sawit PT PHK Belum Memiliki IMB

MUARATEBO(SR28)  - Perusahaan Pabrik Minyak Kelapa sawit (PMKS) PT Persada Harapan Kahuripan (PHK) atau lebih dikenal dengan Pabrik PT Makin, baru beberapa bulan lalu beroperasi di Desa Muara Ketalo Kecamatan Tebo Ilir. Sayangnya, PMKS tersebut diduga belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Hal itu disampaikan oleh Darul Husni SH, Kepala Desa Muara Ketalo kepada SR28, Kamis (14/8).

"Sepengetahuan saya, ada beberapa syarat yang harus dilengkapi untuk mengurus IMB. Salah satunya surat keterangan domilisi dari pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan. Namun hingga hari ini selaku kepala desa, saya sama sekali tidak mengetahui dan menanda tangani surat keterangan apapun mengenai syarat-syarat penerbitan IMB tersebut,” ungkap Kades.

Untuk itu, kades berharap kepada Pemkab Tebo melalui instansi terkait untuk segera meninjau dugaan tersebut. 

“Jika benar terbukti jika PMKS tersebut tidak memiliki IMB, saya minta Pemkab Tebo bertindak tegas dan memberikan sanksi sesuai peraturan yang berlaku,” tukas Kades.

Terpisah, M. Nur, Sekcam Tebo Ilir saat dikonfirmasi juga mengakui hal yang sama. Pihak kecamatan juga merasa tidak pernah dan tidak ada mengeluarkan surat keterangan atau mengetahui apapun mengenai syarat-syarat pengajuan IMB dari PMKS PT Makin. 

“Kami belum pernah mengeluarkan surat keterangan apapun terkait pengajuan IMB kepada Pemda Tebo. Apalagi surat yang diusulkan oleh PMKS PT Makin,” tegasnya. 

Terkait hal itu, Buhari Raja Gukguk, Manajer PMKS PT Makin, sewaktu dijumpai wartawan, Kamis (14/08), tidak bersedia dikonfirmasi.

 “Maaf saya lagi sibuk. Sebentar lagi saya juga ada meeting, jadi tidak ada waktu untuk konfirmasi,” ucap manajer singkat.

 

Bbe/Sat

Diduga | Pabrik | Minyak | Kelapa |

Copyright @2015