Rabu, 21 Agustus 2013 21:10 WIB

Tanjabbar Terima Penghargaan Sebagai Salah Satu Penampil Terbaik Pawai Budaya Nusant

 Tanjabbar Terima Penghargaan Sebagai Salah Satu Penampil Terbaik Pawai Budaya Nusant
Bupati dan Istri Terima Penghargaan


KUALA TUNGKAL(SR28)  – Telah banyak prestasi yang dibukukan oleh Kabupaten Tanjung Jabung Barat di bawah kepemimpinan Drs. H. Usman Ermulan, MM. Kali ini, Bumi Serengkuh Dayung Serentak ke Tujuan, yang mewakili Provinsi Jambi kembali menambah catatan prestasi yaitu sebagai salah satu dari 10 Provinsi Penampil Terbaik (Best Performance) dalam Pawai Budaya Nusantara (PBN) 2013 yang dilaksanakan di Istana Negara Jakarta, Minggu (18/08) kemaren.

Pawai yang langsung dibuka oleh Presiden RI Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono ini merupakan ajang bergengsi bagi daerah daerah untuk memperkenalkan keunikan budaya yang dimiliki oleh 33 Provinsi yang ada di Indonesia. Sempat mengalami kevakuman selama 3 tiga tahun k darena HUT RI bertepatan pada bulan Ramadhan, maka PBN kali ini benar-benar menjadi hiburan dan acara yang ditunggu tidak hanya oleh Presiden, tetapi juga masyarakat banyak. Hal ini terlihat dengan besarnya antusias masyarakat untuk datang langsung melihat pertunjukan budaya ini. Pada acara bergengsi itu, masyarakat tidak hanya disuguhkan aneka tarian dan pakaian tradisional, namun juga miniatur bangunan khas kebanggaan masing-masing provinsi seperti miniatur Candi Borobudur dari Provinsi Jawa Tengah, Tugu Yogyakarta dari DI Yogyakarta, Ondel-Ondel Raksasa dari DKI Jakarta dan Perahu Phinisi dari Sulawesi Selatan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Mari Elka Pangestu saat melaporkan kegiatan mengatakan  akan ada penilaian dari dewan juri untuk 10 penampil terbaik dengan kriteria pemilihan antara lain konsep garapan, kreativitas, dan penampilan tim secara keseluruhan,” ujarnya. Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang mewakili Provinsi Jambi pada Pawai Budaya Nusantara 2013 ini menampilkan Arakan Sahur yang menjadi salah satu kegiatan syiar agama Islam kebanggaan pada kabupaten yang menjadi pintu gerbang Provinsi Jambi dari arah laut.

Keunikan tradisi budaya yang telah turun temurun inilah yang mampu menjadi daya tarik utama, sehingga saat penampilan di Istana terlihat para undangan, masyarakat dan bahkan Presiden SBY dan Ibu Negara terlihat turut larut dalam keriuhan yang ada dan beberapa kali bertepuk tangan saat menyaksikan tarian dan bunyi-bunyian khas dari Arakan Sahur ini.
Alhasil, dengan bunyi-bunyian musik idiofon dan membranofon yang unik ditambah koreografi tari yang apik, Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Usman Ermulan, MM mendapatkan penghargaan dan menerima secara langsung dari Presiden Yudhoyono sebagai salah satu Penampil Terbaik Pawai Budaya Nusantara 2013 ini.
 
Keberhasilan ini tidak terlepas dari usaha dan perhatian yang besar dari Bupati Tanjab Barat. Sebelumnya pada hari Jum’at (16/08), untuk memastikan persiapan penampilan Arakan Sahur ini agar memukau dan penuh antusias, Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Usman Ermulan, MM meninjau langsung persiapan tim di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Dalam peninjauannya, Bupati banyak memberikan masukan dan arahan terkait penampilan musik atau tarian yang akan ditampilkan termasuk dekorasi dari maket yang akan dibawa para penampil. Dan hasilnya tidak sia sia, penghargaan bergengsi itu diraih Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Salut deh, pokoke.

Sab/Sat

Tanjabbar | Terima | Penghargaan | Sebagai |

Copyright @2015