Jumat, 10 April 2015 21:05 WIB

Kapolda Jambi Ingatkan Jajaran Polres Dan Kodim Untuk Tidak Gunakan Narkoba

 Kapolda Jambi Ingatkan Jajaran Polres dan Kodim Untuk Tidak Gunakan Narkoba
Kapolda Bertemu Kapolres dan Dandim 0419

KUALATUNGKAL (SR28) – Kapolda Jambi Brigjen Pol Bambang Sudarisman SH MM melakukan lawatan kerja ke Polres Tanjung Jabung Barat dan Kodim 0419. Kedatangan Kapolda didampingi Kapolres Tanjung Jabung Barat AKBP Kuswahyudi Tresnandi dan disambut Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Aqsa Erlangga beserta petinggi Kodim lainnya.
 
Dalam kesempatan itu, Brigjen Bambang Sudarisman menyampaikan dan mengingatkan agar jajaran Polri dan TNI di daerah ini untuk memproteksi keluarganya dan masyarakat dari penyalah gunaan narkoba. Sebab ujarnya, Provinsi Jambi di urutan 13 daerah penyebaran narkoba terbanyak dari 579 kabupaten/kota di seluruh Indonesia dengan titik terbesar penyebarannya saat ini di Provinsi Jambi di daerah Pulau Pandan Legok Telanaipura Kota Jambi.

Beliau juga mengingatkan 6 hal kepada jajaran dua institusi itu. Yang paling utama menurut beliau adalah narkoba.
“ Bahaya narkoba yang melanda masyarakat saat ini, terutama bagi generasi muda, merupakan suatu bentuk penjajahan gaya baru yang merusak masyarakat di Indonesia, khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi,” ujarnya.

Hal tersebut diungkapkan Kapolda saat silaturrahmi dengan jajaran TNI di Makodim 0419/Tanjab, Jumat (10/04) menjelang Sholat Jum’at usai meresmikan Kantor Satlantas Polres Tanjab Barat dan 5 unit sarana vital lainnya di Polres Tanjung Jabung Barat.

“ Selama tahun 2014 lalu, berdasarkan catatan Polda Jambi dan jajaran, ‎pelaku narkoba tercatat sebanyak 56.740 orang. Dari data itu,  4.853 orang merupakan kelompok usia muda dan pelajar. Khusus untuk Kota Jambi, ada 18.065 pelaku penyalah gunaan narkotika. Bayangkan bagaimana kalau ini dibiarkan tanpa ada tindakan dari kita sebagai aparat,” ungkapnya.
“ Kami hampir setiap malam menangkap pelaku narkoba. Ini kejahatan yang luar…luar biasa. Jambi sudah darurat narkoba. Kami sudah kompak dengan Danrem, kalau kedapatan aparat TNI dan Polri yang positif gunakan narkoba, langsung dipecat, bahkan kami sepakat akan membuat aturan tentang aturan itu supaya tidak ada lagi yang tersandung hukum akibat narkoba dan tidak bisa menguggat ke pengadilan manapun,” tegasnya.
 
Selain narkoba, Kapolda juga mengungkapkan masih ada beberapa hal lain yang harus diperangi.
“ Berantas dan tuntaskan kejahatan dengan berbagai jenisnya, yang utama PETI (tambang illegal, konflik lahan, perjudian dan ISIS. Khusus perjudian, sesuai instruksi dari Kapolri, kalau ada di daerah terjadi perjudian, resikonya adalah Kapolda dan Kapolres akan dicopot,” ujar Kapolda.

Di akhir lawatan, Kapolda juga berpesan kepada jajaran Polres dan Kodim untuk saling menjaga tali silaturahmi.
“ Jangan sampai terjadi bentrok sesama penegak keamanan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab di Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini,” tukasnya.

Sab/Sat

Kapolda | Jambi | Ingatkan | Jajaran |

Copyright @2015