Minggu, 12 April 2015 21:34 WIB

Abdul Karim Tewas Disambar Buaya

 Abdul Karim Tewas Disambar Buaya
Potongan Tangan dari Perut Buaya

KUALATUNGKAL(SR28) – Malang menimpa Abdul Karim (50), Warga Parit II Desa Kemuning Bram Itam Tanjung Jabung Barat, tewas mengenaskan setelah disambar buaya pada Sabtu  (11/04) sekitar pukul 20.00 WIB. Kejadian itu terjadi saat korban sedang buang hajat di bibir Parit II Cegat atau Parit II Tanjung, tepatnya di depan rumah korban saat air sungai sedang pasang naik.

Tidak ada saksi mata saat kejadian. Hanya warga mendengar suara samar-samar teriakan korban sebelum hilang dibawa buaya ke dasar sungai. Sesaat kemudian istri korban, Misiah, menduga kalau suara di tepi parit itu merupakan suara Abdul Karim.

Sebelumnya warga di situ kerap melihat buaya di muara Sungai Parit II di sore dan pagi hari.
“ Kami tidak melihat tubuh buaya itu, cuma terlihat dari matanya yang besar dan berwarna merah, tetapi kami tidak berani untuk mengusirnya,” kata salah seorang warga Desa Kemuning, Rustam Alfian.

Kades Kemuning Santos saat dikonfirmasi SR28 membenarkan ada warganya yang menjadi korban keganasan buaya.
“ Sejak menerima laporan kehilangan warga, Polsek Tungkal Ilir bersama warga lainnya berupaya melakukan pencarian dengan menyisir di sungai di sekitar lokasi kejadian dengan dibantu oleh pawang buaya bernama Agus dari Desa Sungai Saren,” ujar Kades.

“ Setelah dilakukan berbagai upaya, buaya yang diduga memangsa Abdul Karim, berhasil ditangkap sekitar pukul 07.00 WIB. Untuk pembuktian buaya tersebut merupakan hewan yang memangsa Abdul Karim, maka kita melakukan kesepakatan kepada semua pihak terkait dan BKSDA Jambi, sekitar pukul 15.30 WIB, buaya berukuran lebih kurang 5 meter dan lebarnya sekitar 80 centimeter berjenis kelamin jantan itu dibelah,” ungkapnya.

“ Menurut cerita warga, mereka menduga buaya itu jenis buaya muara. Kemungkinan buaya itu kesulitan mencari makan di muara sungai, lalu berpindah ke tempat pemukiman warga hingga memaksa mereka memangsa manusia,” tambahnya.

“ Dari perut buaya, warga berhasil menemukan potongan tangan yang diduga kuat itu merupakan tangan milik Abdul Karim yang sudah tewas,” jelas Santos.
 
Terpisah Kapolsek Tungkal Ilir Iptu Beni Fronika mengatakan,” Setelah penangkapan buaya yang diduga memangsa Abdul Karim, sekitar pukul 09.30 WIB, baru jasad A. Karim ditemukan sudah tidak bernyawa dengan kondisi mengenaskan. Kedua tangan dan isi perutnya hilang. Selanjutnya jasad Abdul Karim langsung dievakuasi ke rumah duka, sementara buaya tersebut diserahkan ke BKSDA Resort Tanjab Barat dan rencananya akan dibawa ke BKSDA Jambi.”

Sab/Sat

Abdul | Karim | Tewas | Disambar |

Copyright @2015