Senin, 20 April 2015 15:21 WIB

2 Kuntum Bunga Terbesar Di Dunia Rafflesia Mekar Bersamaan Di Bengkulu

 2 Kuntum Bunga Terbesar di Dunia Rafflesia Mekar Bersamaan di Bengkulu
2 Kuntum Rafflesia Arnoldii di Bengkulu

Dua kuntum bunga rafflesia arnoldi mekar bersamaan di kawasan Hutan Lindung Bukit Daun Register 5, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. 

"Diameter bunga masing-masing 80 centimeter dan jarak antarbunga hanya satu setengah meter," kata Koordinator Kelompok Peduli Puspa Langka Tebat Monok, Kepahiang, Holidin saat dihubungi dari Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan masyarakat dapat menikmati keunikan bunga terbesar di dunia itu hingga lima hari ke depan, sebelum membusuk. Untuk mengakses lokasi bunga mekar, pengunjung harus berjalan kaki ke dalam hutan sejauh 250 meter. "Kami sudah membuat jalan setapak untuk memudahkan pengunjung mengamati bunga rafflesia," ucapnya.

Holidin mengatakan bunga rafflesia yang mekar sekaligus dua kuntum cukup langka terjadi. Biasanya kata dia, bunga rafflesia yang ditemukan mekar hanya satu kuntum.

Bunga rafflesia yang mekar sekaligus dua kuntum pernah ditemukan pada 2012 dengan jarak antarbunga mencapai dua meter. "Jarak antarbunga yang mekar sekarang ini lebih pendek, jadi lebih unik," kata dia.

Hutan Lindung Bukit Daun di Kabupaten Kepahiang, berjarak 50 kilometer dari Kota Bengkulu merupakan salah satu habitat kunci bunga Rafflesia arnoldii. Kerusakan hutan akibat perambahan liar menjadi ancaman utama kelestarian bunga rafflesia yang menjadi ikon Bengkulu yang dikenal dengan sebutan Bumi Rafflesia. 

inilah.com

Sat

2 | Kuntum | Bunga | Terbesar |

Copyright @2015