Sabtu, 14 September 2013 12:26 WIB

Gubernur BI: Karena Pertumbuhan Ekonomi, RI Makin Dihormati Dunia

 Gubernur BI: Karena Pertumbuhan Ekonomi, RI Makin Dihormati Dunia
Agus Martowardojo, Gubernur BI

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus melesat membuat negara-negara lain semakin hormat.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengungkapkan selama 10 tahun ini mampu mencatat pertumbuhan di atas 5,5% rata-ratanya. "Saya berpendapat Indonesia selama 10 tahun belakangan ini dihormati oleh dunia karena pertumbuhan ekonomi kita selalu ada di atas 5,5% rata-rata selama 10 tahun," ungkap Agus di Gedung BI, MH Thamrin, Jakarta, Jumat (13/9/2013).

Agus menjelaskan, di tahun ini memang ada penyesuaian pertumbuhan ekonomi ke batas bawah. Namun tetap saja bisa dibilang ekonomi Indonesia tetap tumbuh. "Kalau pada tahun 2013 ini ada satu penyesuaian atas pertumbuhan tujuannya adala pertumbuhan yang kita inginkan selalu pertumbuhan yang sustainable yang berkesinambungan. Oleh karena itu kita mesti bersiap diri atas kondisi yang berubah ini," katanya.

BI memang baru saja merevisi ke bawah perkiraan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2013 menjadi 5,5%-5,9%, dari semula 5,8%-6,2%. Dijelaskan Agus Marto lebih jauh, penurunan proyeksi tersebut semata-mata guna memperbaiki lebih dahulu defisit transaksi berjalan.

"Kita juga harus merespon kondisi transaksi berjalan yang kelihatan defisit dalam waktu yang sudah cukup lama. Oleh karena itu kalau pertumbuhan ekonomi terjadi penyesuaian tujuannya tentu adalah karena kita mengutamakan stabilitas baru kita akan memperoleh pertumbuhan yang berkesinambungan," ungkapnya.

detik.com

Sat

Gubernur | BI: | Karena | Pertumbuhan |

Copyright @2015