Jumat, 11 September 2015 16:27 WIB

8 Tumbuhan Yang Bermanfaat Sebagai Penyembuh Alami

 8 Tumbuhan yang Bermanfaat Sebagai Penyembuh Alami
Habbatus Sauda alias Jinten Hitam

Sadarkah kita bahwa Alam sudah menyediakan beragam bahan makanan yang tidak hanya berkhasiat mengenyangkan perut tapi juga menyembuhkan penyakit? Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui hal tersebut, sehingga saat mereka sakit, kebanyakan akan langsung minum obat untuk meredakan atau menyembuhkan penyakit. Minum obat-obatan kimia memang memberikan kesembuhan dengan cepat, tapi dibalik itu semua tentu mengandung efek samping yang kurang baik bagi tubuh. 

Agar tubuh lebih sehat dan terhindar dari efek samping yang berbahaya, ada baiknya Anda memanfaatkan 8 makanan yang berkhasiat sebagai penyembuh alami berikut ini : 

1.    Jinten hitam

Jinten hitam atau habbatussauda merupakan tanaman yang mengandung khasiat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Dalam islam, tanaman ini sangat dianjurkan untuk mengobati berbagai macam penyakit, kecuali kematian. Jinten hitam baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menetralisir racun, membersihkan saluran pencernaan, bagus untuk otak, anti alergi, dan lain sebagainya. Luar biasa bukan? Nah, agar tubuh lebih sehat dan terhindar dari penyakit, Anda bisa mengonsumsi jinten hitam secara rutin setiap hari.

2.    Buah Tin

Buah Tin termasuk buah yang namanya diabadikan dalam Al Quran. Ternyata buah yang satu ini mengandung khasiat yang luar bias untuk kesehatan seumur hidup. Diantara khasiat buah Tin, antara lain : anti bakteri, virus dan jamur, meningkatkan produksi sel darah merah, melancarkan pencernaan, kaya kalsium, menurunkan risiko penyakit jantung, menstabilkan tekanan darah,mengobati diabetes, dan masih banyak khasiat yang lainnya. 

3.    Sayuran hijau

Sayuran hijau sangat kaya akan nutrisi sehingga bagus untuk menjaga kesehatan, mengurangi risiko penyakit dan menyembuhkan secara alami. Diantara jenis sayuran hijau yang wajib Anda konsumsi agar tubuh sehat, antara lain : Brokoli, kangkung, bayam, kubis, pare, selada, sawi, dan lain sebagainya. 

4.    Temu-temuan

Anda pasti sudah tidak asing dengan tanaman jenis temu-temuan yang akrab disebut “mpon mpon”, antara lain : kunyit, jahe, temulawak, kencur, dan lainnya. Sudah sejak lama tanaman temu temuan dimanfaatkan sebagai jamu yang berkhasiat menyembuhkan penyakit dan menyegarkan bawan.

5.    Wortel

Wortel termasuk jenis umbi yang kaya vitamin dan nutrisi penting yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh dan menyembuhkan beragam penyakit. Diantara khasiat wortel, antara lain : meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah pertumbuhan kanker, menyehatkan mata, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung dan bagus untuk memelihara kecantikan kulit.

6.    Tomat

Tomat kaya akan vitamin dan nutrisi penting lainnya. Selain itu, tomat juga kaya akan likopen yang berperan sebagai antioksidan alami, anti bakteri, anti inflamasi, membantu proses detoksifikasi, mencegah penggumpalan darah, dan baik untuk kulit.

7.    Daun Sirsak

Dibalik rasa daging buahnya yang nikmat, ternyata ada yang lebih berkhasiat menyebuhkan penyakit, yakni daunnya. Daun sirsak mengandung senyawa proaktif yang berkhasiat menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker tanpa merusak sel yang sehat. Selain itu, daun sirsak juga memiliki khasiat lain yang tak kalah luar biasa, antara lain : menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung, menurunkan kadar gula darah, menyehatkan pencernaan, dan lain sebagainya.

8.  Buah-Buahan

Banyak buah-buahan di sekitar kita yang tidak hanya memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, tapi juga berkhasiat menyembuhkan penyakit, diantaranya : jeruk yang berkhasiat mengatasi kekurangan vitamin C, jambu biji yang membantu menyembuhkan diare, pisang membantu menurunkan tekanan darah, semangka juga menurunkan tekanan darah, alpukat menurunkan kolesterol dan menyehatkan jantung, dan masih banyak buah-buahan lainnya.

wolipop.com

Wit

8 | Tumbuhan | yang | Bermanfaat |

Copyright @2015