Selasa, 15 September 2015 10:32 WIB

8 Buah Miliki Khasiat Super Yang Mudah Diperoleh

 8 Buah Miliki Khasiat Super yang Mudah Diperoleh
Pepaya

Membahas manfaat buah memang tak ada habisnya. Selain memang menyegarkan dan pencuci mulut, beberapa buah pun mampu meningkatkan kualitas kesehatan apalagi jika buah yang dikonsumsi bervariasi.

"Mengonsumsi buah yang berbeda-beda memberikan serangkaian manfat mulai dari vitamin, mineral dan antioksidan," ujar Joy Bauer, RD penulis beberapa buku kesehatan.

Hasil penelitian dari ahli gizi Colorado State University pun melakukan penelitian terhadap 106 perempuan untuk makan 8-10 buah selama delapan minggu. Hasil tes darah menunjukkan mereka yang banyak makan buah beragam menunjukkan oksidasi DNA sehingga membuat tubuh tahan terhadap penyakit.

Berikut daftar buah kaya manfaat mulai dari menjaga tekanan darah hingga mencegah kanker yang mudah didapatkan di sekitar seperti dilansir Prevention. 

1. Pisang untuk tekanan darah stabil

Pisang dikenal sebagai buah yang kaya kalium. Dalam sebuah penelitian di Belanda, makan makanan tinggi kalium terkait dengan tingkat kematian yang lebih rendah pada orang dewasa sehat berumur lebih dari 55 tahun.

2. Leci untuk cegah kanker payudara

Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Nutrition menemukan bahwa buah leci memiliki tingkat polifenol tertinggi. Senyawa ini memainkan peran penting untuk pencegahan penyakit degenaratif seperti kanker.

"Polifenol bertindak untuk mengusir senyawa jahat yang merusak sel-sel di tubuh Anda," ujar David Grotto, RD penulis 101 Foods That Could Save Your Life!

Selain polifenol, leci kaya antioksidan yang melindungi tubuh dari kanker payudara. Sebuah studi dari Sinchuan University menemukan bahwa kandungan antioksidan leci membantu mencegah pembentukan sel kanker payudara.

3. Semangka dan pepaya untuk lawan beberapa kanker

Kedua buah ini mengandung beta-cryptoxanthin yang menunjukkan dapat melindungi dari kanker paru-paru.

Selain itu, mengandung likopen. "Meskipun saat ini belum ada rekomendasi untuk mengetahui berapa banyak likopen dalam sehari. Namun penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dapat melindungi beberapa kanker termasuk perut, endometrium dan prostat," tutur Grotto.

Pepaya dikenal mampu memudahkan buang air besar, hal ini disebabkan karena adanya enzim papain yang membantu pencernaan.

4.  Jeruk dan jambu untuk kulit sehat

Mudahnya mendapatkan buah ini jangan disia-siakan. Banyak-banyaklah konsumsi buah ini untuk menutrisi kulit Anda. Satu cangkir jambu biji dengan kulit dan jeruk sudah memenuhi kebutuhan Vitamin C harian Anda. Konsumsi kedua buah ini pun bisa menahan jumlah kerutan yang muncul di wajah. Studi di Amerika terhadap lebih dari 4.000 perempuan usia 40-74 menunjukkan mereka yang makan buah kaya Vitamin C kerutannya lebih sedikit.

5. Apel dan pir untuk turunkan kolesterol

An apple a day keep doctor away memang benar-benar berlaku. Apel membuat kadar kolesterol dalam tubuh menurun. Fungsi yang sama pun bisa didapatkan saat makan buah pir. Satu buah pir besar memiliki 10 gram serat yang memenuhi 40% kebutuhan serat Anda. Menurut studi dari Baltimore, orang yang makan banyak serat bisa menurunkan kolesterol. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa makan serat bisa membantu menjaga berat badan yang ditunjukkan salah satunya dengan menurunnya ukuran lingkar pinggang.

liputan6.com

Wit

8 | Buah | Miliki | Khasiat |

Copyright @2015