Rabu, 26 Juli 2017 13:51 WIB

Tak Jelas Alamat Kantor & Kepengurusannya, 115 Koperasi Di Tanjab Barat Bakal Dibubarkan

Tak Jelas Alamat Kantor & Kepengurusannya, 115 Koperasi di Tanjab Barat Bakal Dibubarkan
Syafriwan S.E saat dijumpai wartawan

KUALATUNGKAL (SR28) - Banyaknya Koperasi yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang jumlahnya mencapai 369 Koperasi. Namun, dari jumlah tersebut 115 koperasi diantaranya dipastikan bubar.

Pasalnya, setelah pihak Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan melakukan Verifikasi dilapangan terkait alamat kantor, serta pengurus koperasi yang tidak jelas maka akan dibubarkan. Hal ini seperti diungkapkan oleh Syafriwan S.E selaku Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Tanjung Jabung Barat saat ditemui SR28.

"115 koperasi tersebut kita cari dilapangan memang koperasi ini tidak ada lagi pengurusnya, kantor dan alamatnya yang sudah tidak jelas lagi. Diduga koperasi ini berdiri diwaktu adanya program pemerintah, yang berkemungkinan mereka hanya mengejar bantuan itu dalam arti kata memanfaatkan kesempatan," ungkap Syafriwan.

Menurutnya, tidak aktifnya 115 koperasi diduga pada saat didirikan mereka juga tidak dapat program dari pemerintah sehingga tidak aktif lagi. "Mereka berdiri tapi mereka tidak dapat program mereka tidak aktif lagi. Makanya kita kejar ke lapangan kita bekoordinasi dengan kecamatan, bekerjasama dengan lurah dan desa untuk kita cari," jelasnya.

Adapun terkait pembubaran koperasi ini diakui Syafriwan, pihaknya telah mendapatkan surat dari Kementerian terhadap koperasi aktif dan non aktif. Yang disarankan untuk dibubarkan ada 140 koperasi.

Namun, sebelum dilakukan pembubaran Syafriwan bersama jajarannya melakukan verifikasi terhadap 140 koperasi tersebut. Setelah dilakukan verifikasi,  25 koperasi diantaranya diminta ke Kementerian di pending untuk dilakukan pembubaran."

"25 koperasi kita minta ke Kementerian untuk di pending dilakukan pembubaran. Karena koperasi ini masih ada utang piutang dangan pihak ketiga," jelasnya. Kemudian untuk selebihnya telah disampaikan ke Provinsi dan Provinsi melanjutkan ke Pusat bahwa ini tidak menutup kemungkinan dibubarkan. Sampai masa surat keputusan Menteri ini tidak ada klaim lagi" bebernya.

Sementara untuk lokasi koperasi yang dipastikan akan dibubarkan adalah semua Koperasi yang tersebar di Wilayah Ilir, Pengabuan, Senyerang dan Wilayah Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Reporter: Sabri | Redaktur: Agus Sholihin Abar

Tak | Jelas | Alamat | Kantor |

Copyright @2015