Rabu, 27 Desember 2017 17:33 WIB

Cek Endra : 5 Tahun Kedepan, Eks Trans Singkut Akan Tuntas

  Cek Endra : 5 Tahun Kedepan, Eks Trans Singkut Akan Tuntas
Bupati Sarolangun, Cek Endra

SAROLANGUN (SR28) -- Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun  masih memutuskan pada pembangunan infrastruktur jalan pada tahun 2018 mendatang.

Salah satunya pengaspalan jalan eks trans di Sarolangun yang diperkirakan sepanjang 104 Kilo Meter, yang berada di beberapa Kecamatan, seperti Kecamatan Bathin VIII, Kecamatan Air Hitam, Kecamatan Pauh, Kecamatan Singkut dan Kecamatan Mandiangin.

Bupati Sarolangun Cek Endra mengatakan, pemerintah daerah  akan menggelontorkan dana Rp 200 miliar untuk pengaspalan jalan eks trans di Sarolangun tersebut jika harus dituntaskan.

Tentu, jika harus dilakukan dalam setahun dana sebesar itu tidak akan mampu dengan keuangan daerah, sehingga harus dilakukan bertahap setiap tahunnya. Ia optimis lima tahun kedepan akan bisa diselesaikan.

"Dulu pernah kita ukur, jalan ekstrans ini ada sekitar 104 Kilo meter, termasuk di Mandiangin dalam, bayangkan kalau 1,5 milyar untuk 1 kilo meter pengaspalan, maka kita butuh anggaran 200 milyar. Makanya Setiap tahun kita alokasikan Rp 30 sampai Rp 40 miliar," katanya waktu lalu, saat meninjau proyek pengaspakan jalan eks trans di Kecamatan Singkut.

Pada anggaran perubahan tahun 2017 ini, Pemkab Sarolangun mengeluarkan anggaran Rp 25 miliar untuk pengaspalan jalan eks trans di Kecamatan Singkut. Bupati memperkirakan, untuk pengaspalan jalan eks trans ini membutuhkan anggaran lebih dari Rp 100 miliar. 

"APBD saja Rp 25 miliar untuk Singkut. Jadi Singkut termasuk spesial banyak pengaspalan,  karena memang banyak badan jalan di trans Singkut ini sangat  panjang, tidak cukup Rp 100 miliar," terangnya.

Cek Endra menargetkan, lima tahun kedepan pengaspalan jalan eks trans Singkut bisa dirampungkan. Jalan eks trans di Sarolangun sendiri memiliki panjang sekitar 100 km, dan pemerintah Kabupaten Sarolangun saat ini komit untuk menyelesaikan proyek pengaspalan pada lima tahun mendatang. 

"Lima Tahun Kedepan, saya harap bisa selesai, termasuk di singkut ini akan tuntas," tukasnya.

Bahkan,  untuk melakukan percepatan proyek pengaspalan ini,  Pemkab Sarolangun mengalokasikan dana alokasi khusus senilai Rp 18 miliar pada 2018 mendatang. Pasalnya masalah infrastruktur jalan menjadi bagian penting untuk menunjang ekonomi di masyarakat.

Reporter:Daryanto| Redaktur: Agus Sholihin Abar

Cek | Endra | : | 5 |

Copyright @2015