Rabu, 21 Pebruari 2018 18:26 WIB

Kabupaten Merangin Terbanyak Ke 3 Penduduk Miskin Di Provinsi Jambi

 Kabupaten Merangin Terbanyak Ke 3 Penduduk Miskin di Provinsi Jambi
Agus Zaenudin, Kepala Bappeda Kabupaten Merangin

MERANGIN (SR28) -- Ternyata kabupaten Merangin merupakan kabupaten yang penduduk miskinnya terbanyak ke tiga di Provinsi Jambi. Hal itu menjadi PR bagi Pemerintah Daerah, agar mempercepat pengurangan angka kemiskinan tersebut. 

Penyebab utamannya adalah pertumbuhan ekonomi di Merangin di kategorikan menurun. Menurunnya laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Merangin dipengaruhi oleh Sektor Pertanian jenis Sawit dan Karet, dan di berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.

Kemudian, disektor tambang juga mengalami penurunan dikarenakan tidak ada laginya perusahaan batu bara dan biji besi yang sempat membaik pada tahun 2011 lalu.

Hal itu juga dipengaruhi oleh tingginya jumlah penduduk usia produktif yang tidak diimbangi dengan meningkatnya kesempatan kerja. Karena rendahnya upaya penciptaan lapangan kerja baru, rendahnya daya saing tenaga kerja dan kurang optimalnya Balai Latihan Kerja (BLK)/tempat-tempat pelatihan yang ada.

Seperi disampaikan Agus Zaenudin Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Merangin, pada Selasa (20/2) kemarin.

"Laju pertumbuhan ekonomi Merangin turun, dipengaruhi oleh harga komoditi perkebunan (Karet dan Kalapa Sawit) yang belum stabil, karena wilayah kita masyarakatnya banyak menjadi petani karet dan sawit” ungkapnya.

‘’Namun diwilayah Jangkat, Sungai Tenang dan sekitarnya, pertumbuhan ekonominnya cukup stabil, karena disana banyak petani kopi, dan itu cukup bagus,” tambahnya.

Sehingga di wilayah lainnya, angka kemiskinan masih tinggi, yang menempatkan Merangin sebagai peringkat ke tiga tertinggi dalam Provinsi Jambi.Sehingga pemerintah perlu meningkatkan perluasan perlindungan sosialdan lainnya.

‘’Meningkatkan ketersediaan dan cakupan pelayanan dasar dan yang penting upaya percepatan pengurangan kemiskinan. Selain itu, kita juga upayakan menciptakan lapangan kerja baik formal maupun informal, dengan meningkatkan keterampilan dan keahlian tenaga kerja sesuai kebutuhan,” pungkasnya.

Reporter: Em Fajri  | Redaktur: Agus Sholihin 

NEWS © SR28 GROUP 2018

Kabupaten | Merangin | Terbanyak | Ke |

Copyright @2015