Selasa, 03 April 2018 17:25 WIB

Mau Sehat Terus? Terapkan Latihan 5 Jenis Olahraga Ini!

 Mau Sehat Terus? Terapkan Latihan 5 Jenis Olahraga Ini!
5 Pilihan jenis olahraga untuk memulai hidup sehat

SR28JAMBINEWS.COM -- Di awal berkomitmen untuk menjalankan gaya hidup sehat terutama olahraga, ada banyak pertanyaan yang muncul, seakan ingin memastikan kesungguhan niat saya. “Apakah nantinya saya mampu untuk berdisiplin? Apakah sempat meluangkan waktu? Apakah tidak terlalu lelah?” Dan banyak kata “apakah” yang lain, seakan menciptakan kesimpulan ‘kalah sebelum bertanding’.

Tentunya kita tidak boleh terlalu larut untuk banyak berpikir dalam mengorganisir secara rinci dan teratur jadwal olahraga yang akan saya lakukan. Semua dijalankan seringan dan sefleksibel mungkin, di tengah rutinitas kita yang cukup padat. Berikut pilihan jenis olaharga untuk Memulai Gaya Hidup Sehat.

Latihan Kardio: Treadmill

Bagi saya, bentuk olahraga untuk pemula ini adalah langkah paling mudah dan menyenangkan. Biasanya saya melakukan ini selama 30-40 menit setiap sesi. Namun agar tidak bosan, kombinasi lari dan berjalan cepat kerap saya lakukan. Di tiga sampai empat menit pertama, berlari dengan kecepatan rendah kemudian disusul satu menit kecepatan sedang dan beristirahat dengan berjalan cepat. Tentunya, sudut inklinasi juga dibutuhkan ketika berlari maupun berjalan cepat. Namun saya sarankan untuk pemula hanya melakukan hingga kemiringan 2 persen untuk pemula, jika sudah terbiasa bisa meningatkannya ke angka kemiringan yang lebih tinggi.

Latihan Dance: Video YouTube

Dansa atau menari bisa menjadi alternatif yang cukup menyenangkan, dan bagi saya pribadi melakukan hal ini adalah sebuah kegemaran. Cara melakukannya pun mudah, biasanya saya mencari tutorial di YouTube mengenai dasar-dasar gerakan dari sebuah klip video favorit. Kebetulan, dari remaja saya sudah mengidolakan Britney Spears, sehingga tutorial koreografi di klip videonya seperti Sometimes pun jadi materi olahraga yang cukup ringan untuk dilakukan sebanyak dua hingga tiga kali pengulangan. 

Berenang di Akhir Pekan

Olahraga untuk pemula ini hampir rutin saya lakukan selama hampir satu jam di akhir pekan. Sayalebih memilih waktu sebelum jam sembilan pagi atau pun setelah jam empat sore untuk melakukannya. Selain membuat badan terasa segar, berenang di akhir pekan juga membantu merelaksasikan pikiran, lho. Saya sempat baca mengenai sebuah fakta bahwa air yang terkena kulit langsung itu dapat menurunkan rasa stres yang melekat di pikiran. Jadi, rasanya cukup tepat jika berenang dilakukan setidaknya seminggu sekali, bukan?

Bersepeda

Pasti menyenangkan bisa melakukan hal ini di akhir pekan, terutama berkeliling komplek perumahan atau saat kegiatan Car Free Day terdekat dari lokasi Kamu. Biar lebih semangat, coba tentukan target jarak Kamu saat bersepeda dengan membawa tracking tools atau GPS. Asyiknya lagi jika bisa berbagi informasi seberapa jauh jarak yang ditempuh saat bersepeda melaui aplikasi dari ponsel Kamu. Selain itu, Kamu juga bisa menemukan teman-teman baru saat bersepeda.

Jalan Santai

Hal termudah yang bisa Kamu lakukan, yaitu mengunjungi tempat baru seperti hutan kota atau kawasan wisata. Saya sendiri senang berjalan santai di sekitar kawasan Kota Tua, Jakarta, tentunya berbekal dengan walking counter dengan target 10.000 langkah. Biasanya saya memulai perjalanan dari Gereja Sion (tidak jauh dari Stasiun Kota) menuju ke Pelabuhan Sunda Kelapa, lalu berjalan lagi hingga kawasan Masjid Luar Batang. Jalan Santai tentu lebih menyenangkan dilakukan bersama teman. Jika Kamu berjalan sendirian, pastikan memilih kawasan yang tergolong asri dan memiliki spot-spot yang menarik. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa akan lebih mudah bagi tubuh untuk mulai melakukan sesuatu jika diawali dari apa yang sangat disenangi terlebih dahulu. Kedepannya, seiring berjalannya waktu, tantangan lain yang ingin dicoba akan terasa ringan untuk dijalankan.

📹 Guesehat.com

📧 [email protected]

COPYRIGHT © SR28 GROUP 2018

Mau | Sehat | Terus? | Terapkan |

Copyright @2015