Rabu, 25 April 2018 10:39 WIB

Riset Terbaru: Konsumsi Kopi Hitam Hasilkan Turunnya Berat Badan

 Riset Terbaru: Konsumsi Kopi Hitam Hasilkan Turunnya Berat Badan
Konsumsi Kopi Hitam bisa menurunkan berat badan

SR28JAMBINEWS.COM -- Sebagai salah satu minuman yang mengandung kafein, kopi diklaim mampu menstimulasi otak dan sistem saraf utama sehingga membantu membuat kita terjaga dan tetap fokus. Selain itu, efek yang ditimbulkan oleh kopi juga dapat meningkatkan energi kita seketika.

Kendati demikian, mengonsumsi kopi yang berlebihan kerap disebut-sebut sebagai penyebab melonjaknya berat badan, sehingga tak jarang orang-orang yang sedang diet menghindari minum kopi. Ya, kopi dianggap memiliki kalori yang cukup tinggi dan dapat membuat gemuk.

Ilustrasi secangkir kopi

Sebuah riset yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition justru mematahkan pendapat tersebut. Alih-alih membuat gemuk, mengonsumsi kafein dalam jumlah yang lebih banyak justru bisa memicu turunnya berat badan.

Tak hanya itu, sebuah studi yang dipublikasikan di Journal Obesity juga membuktikan bahwa responden yang mengonsumsi lebih banyak kopi ternyata menyantap lebih sedikit makanan dalam satu hari dibandingkan mereka yang minum kopi dalam jumlah lebih sedikit.

Kandungan kafein yang ada di dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh, dan dapat membakar kalori yang kita konsumsi. Namun, perlu diingat, jenis kopi yang dapat membantu menurunkan berat badan adalah kopi hitam, tanpa tambahan gula atau susu.

Ilustrasi kopi

"Kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori yang akan membuat berat badan menurun. Efek pembakaran kalori ini dilakukan tubuh usai menyantap makanan dengan cara memecah partikel makanan besar menjadi yang lebih kecil sehingga dapat menyebabkan penurunan berat badan," jelas Parmeet Kaur selaku ahli diet dan gizi.

Meski kopi hitam dapat membantu menurunkan berat badan, namun konsumsinya tetap perlu dibatasi. Batas maksimal konsumsi kopi yang disarankan adalah 100 hingga 200 miligram atau setara dengan dua hingga tiga cangkir per hari. Selain itu, perlu diingat untuk tidak menambahkan gula atau susu karena dapat meningkatkan kalori pada kopi yang justru memicu kenaikan berat badan.

Source: Kumparan

Riset | Terbaru: | Konsumsi | Kopi |

Copyright @2015