Rabu, 25 April 2018 16:03 WIB

Pria Juga Butuh Perawatan Lulur, Ini Alasannya!

 Pria Juga Butuh Perawatan Lulur, Ini Alasannya!
Pria Juga Butuh Perawatan Lulur

SR28JAMBINEWS.COM -- Tahukah anda ternyata kulit pria juga justru lebih butuh perawatan lulur seperti halnya wanita. Namun kebanyakan pria justru enggan untuk perawatan dengan alasan tidak punya waktu ataupun gengsi karena dianggap terlalu perempuan banget.

Padahal, kalau dilihat dari tingkat kebutuhannya, justru prialah yang paling membutuhkan. Hal ini seperti dijelaskan oleh dr.Ratna Komala Dewi, SpKK, Mkes.

"Pria memiliki kulit yang mudah dipenuhi sel kulit mati  karena sistem ekskresi lebih aktif bekerja sehingga mengeluarkan keringat lebih banyak," ujar dr.Ratna.

Dijelaskan olehnya dr.Ratna bahwa sel kulit mati yang dibiarkan menempel dapat menyebabkan kulit  tampak kusam dan tidak cerah. Parahnya, kesehatan kulit akan terganggu yang menyebabkan berkurangnya performa kulit  sebagai perisai tubuh, pengabsorsi, dan pengatur suhu tubuh. Kondisi ini kian diperparah karena kulit pria lebih sering terkena paparan sinar matahari dan polusi udara.

Oleh karenanya, sel kulit mati harus dibuang.

Sebetulnya saat seseorang masih muda, kulit  mati dapat mengelupas dengan sendirinya (ini alasan mengapa kulit  anak kecil terlihat lebih bersih). Proses pengelupasan ini disebut eksfoliasi. Namun kemampuan tersebut terus berkurang seiring pertambahan umur.

Nah, sebagai solusi perlu dilakukan eksfoliasi secara "manual" atau mekanis, salah satunya dengan luluran atau body scrubbing.

"Idealnya, peluluran sudah bisa dilakukan mulai dari usia 17 tahun saat kemampuan kulit bereksfoliasi berkurang. Soal frekuensi, minimal luluran seminggu sekali. Buat pria, frekuensi bisa diperbanyak sesuai kebutuhan," ujar Ratna.

Walau produk lulur mandi yang ditawarkan di pasaran umumnya ditargetkan untuk wanita, produk tersebut juga aman digunakan oleh pria.

Yang perlu diperhatikan adalah keamanan dan kepraktisannya.

Pilih produk lulur  mandi yang memiliki beads (butiran pengelupas) yang halus yaitu berbentuk bulat dan homogen sehingga tidak menimbulkan iritasi akibat gesekan.

Source: Tribunnews



 

Pria | Juga | Butuh | Perawatan |

Copyright @2015