Selasa, 08 Mei 2018 10:12 WIB

Berkas Perkara Tersangka Penipuan Di Toko MJ Diserahkan Ke JPU

 Berkas Perkara Tersangka Penipuan di Toko MJ Diserahkan ke JPU
Berkas perkara tahap II diserahkan ke JPU

KUALA TUNGKAL (SR28) -- Unit Reskrim Polsek Betara pada hari Senin, tanggal 07 Mei 2018 mengirimkan berkas perkara dan barang bukti ( Tahap II ) Laporan Polisi Nomor : LP/B- 13/III/2018/Jambi/Res Tjb Brt/Sek Betara, tanggal 12 Maret 2018, tentang tindak pidana Penipuan yang terjadi di sebuah toko yang terletak di jalan lintas Kuala Tungkal-Jambi tepatnya didesa Pematang Lumut, Tanjabbar dengan 4 orang tersangka yakni Aang (Lk), Udin (Lk), Zahrah (Pr) dan Salsa (Pr) yang merupakan warga Sumatera Selatan. Sementara korban M.Hasan warga desa Pematang Lumut

"Barang bukti satu Buah Bingkisan Kotak yang berisikan Gelas,Satu Buah Panci Goreng merek Vigenza,Satu  Unit Speaker Home Teater Merek Pawor UP,Satu Unit  Panci Pressure Merek Trisonic,Satu Buah Mineral Water Merek Purifier, Enam Unit HP, Uang Tunai Sebanyak Rp.11.900.000, dan 49 lembar Kwitansi,saat ini Ke Empat Tersangka sudah kita serahkan berkas dan Barang Bukti (Tahap II) Kepihak JPU Kejaksaan Negri Kuala Tungkal,karna dinyatakan lengkap oleh pihak JPU" demikian keterangan resmi Kapolres Tanjabbar AKBP ADG Sinaga S.I.K melalui Kapolsek Betara IPTU Irwan, Senin (07/05/2018).

Seperti diketahui M.Hasan menjadi korban penipuan yang dilakukan keempat tersangka di toko bernama MJ yang terletak di jalan lintas Kuala Tungkal-Jambi kecamatan Betara kabupaten Tanjabbar.

Dari toko pelaku, korban sempat diiming-imingi hadiah berupa Voucher atau bonus dari toko tersebut senilai Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Namun saat mendatangi toko, korban justru malah disuruh berbelanja minimal mulai dari Rp3 juta, Rp4 juta hingga Rp5 juta agar bisa mendapatkan hadiah yang dijanjikan berupa Laptop Lenovo,HP Advan, dan Televisi 42 inci.

”Setelah mendapatkan informasi tersebut kita melakukan pengecekan toko yang diduga adalah tempat pelaku menjual produk yang mereka tawarkan kepada pembelinya sesuai yang dilaporkan oleh warga, setelah kita mendatangi mereka para pelaku kita melakukan introgasi terhadap mereka,setelah di introgasi ternyata ada lagi tiga orang rekanan pelaku yang juga kita intrograsi,begitu juga terhadap barang-barang yang dijual oleh pelaku dan hadiah-hadiah yang dijanjikan oleh pelaku juga kita lakukan pengecekan" kata Iptu Irwan.

Diketahui sebelumnya korban dihubungi pelaku melalui telepon. Menyadari menjai korban penipuan, Hasan pun melaporkan kejadian ini ke pihak berwajib. Kemudian polisi pun melakukan pengecekan dan terkuak bahwa semua hadiah yang dijanjikan pelaku adalah fiktif.

"Usai adanya laporan, kapolres memerintahkan  Satuan Kasatreskrim dan saya Kapolsek Betara,supaya terus melakukan penyelidikan perkara tersebut, sampai akhirnya membekuk dan membawa pelaku ke polsek Betara, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” jelas irwan.

 Atas perbuatan keempat tersangka dikenakan dengan pasal 378 KUHP junto pasal 55 KUHP dan atau pasal 56 KUHP dengan ancaman kurungan paling lama 4 tahun penjara.

”Para tersangka beserta barang buktinya sudah kita serahkan ke pihak JPU kejaksaan Negeri Kuala Tungkal untuk proses lebih lanjut" pungkas Irwan.

📹 Sabri | 📝 Agus Solihin

📧 [email protected]

COPYRIGHT © SR28 GROUP 2018

 

 

Berkas | Perkara | Tersangka | Penipuan |

Copyright @2015