Jumat, 11 Mei 2018 10:21 WIB

Waspadai Gangguan Jiwa Ini Bisa Muncul Akibat Media Sosial

 Waspadai Gangguan Jiwa Ini Bisa Muncul Akibat Media Sosial

SR28JAMBI- Media sosial nyatanya punya dampak bagi kehidupan manusia. Salah satu penyakit yang bisa muncul karena media sosial ini adalah body dysmorphic disorder. Jika kamu baru mendengarnya, penyakit ini adalah gangguan jiwa muncul karena adanya persepsi cantik dan ideal gara-gara media sosial.

Karena sosial media, kegiatan sehari-hari artis idola dengan tubuh idealnya serta paras yang cantik bisa dengan mudah dilihat. Media sosial ternyata berpengaruh besar atas gangguan perilaku makan yang menimpa banyak remaha. Para remaja rentan mengalami gangguan perilaku makan, seperti diet terlalu ketat, atau konsumsi obat pencahar tanpa berkonsultasi dengan dokter. Mereka bahkan bisa mengalami bulimia, yaitu memuntahkan kembali makanan yang dikonsumsi.

Pusat Eating Disorder Chicago, Amerika Serikat, menemukan bahwa 30 – 50% remaja yang mengalami gangguan makan, penyebab utamanya adalah media sosial. Remaja perempuan yang terlalu sering memainkan media sosial seperti Facebook mengalami peningkatan risiko untuk mengalami gangguan makan dan memiliki persepsi tubuh yang negatif, salah satunya adalah gangguan jiwa body dysmorphic disorder.

Penyakit ini merupakan gangguan jiwa dimana seseorang menghabiskan banyak waktu untuk mengkhawatirkan kekurangan penampilannya. Kekurangan ini sering tidak disadari oleh orang lain. Contohnya saja saat kamu merasa pipi terlalu tembam, atau hidung terlalu pesek dan lain sebagainya. Tapi orang lain menganggap kamu tidak apa-apa.

Kondisi gangguan jiwa ini dapat dialami oleh segala rentang usia, namun paling sering dialami oleh remaja dan orang usia produktif, baik pria maupun wanita. Orang yang mengalami gangguan ini akan selalu merasa ada yang salah dengan rambut, kulit, hidung, dada, perutnya, dan bagian tubuh lainnya. Padahal pada kenyataannya, kekurangan tersebut tidak diperhatikan oleh orang lain.

Orang-orang ini bakal terobsesi dengan penampilannya hingga berjam-jam lamanya. Penyakit jiwa ini bisa mengakibatkan seseorang mengalami rendah diri, menghindari kegiatan sosial dan mengalami masalah berkomunikasi dengan orang lain.

Karena itu kamu wajib menggunakan media sosial dengan sangat bijak.

Source: VEMALE.com

Waspadai | Gangguan | Jiwa | Ini |

Copyright @2015