Senin, 06 Agustus 2018 11:22 WIB

3 Mahasiswi UGM Temukan Obat Kanker Payudara Dari Hewan Kaki Seribu

 3 Mahasiswi UGM Temukan Obat Kanker Payudara Dari Hewan Kaki Seribu
Obat kanker payudara dari hewan Kaki Seribu

YOGYAKARTA -- Tiga Mahasiswa UGM temukan solusi untuk pengobatan kanker payudara. Dalam penelitiannya, para mahasiswa Fakultas Farmasi ini memanfaatkan hewan kaki seribu sebagai obat untuk mengganti kemoterapi. 

Tiga mahasiswa tersebut adalah Sekar Hapsari, Alya Lulu'ah dan Firda Ridhayani. Mereka melakukan penelitian potensi kaki seribu ini dibawah bimbingan drh Retno Murwanti, MP, PhD.

"Kaki seribu memiliki kandungan para-benzoquinone yang memiliki aktivitas antikanker. Kandungan senyawa para-benzoquinone dapat menyebabkan apoptosis atau kematian sel secara simultan,” kata Sekar (2/8)

Penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan binatang kaki seribu di daerah Ajibarang, Banyumas. Untuk mengetahui spesisnya, tim melakukan determinasi. Untuk mendapatkan ekstraknya, kaki seribu ini direndam dengan etanol 96 persen.

Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa kaki seribu mengandung senyawa benzoquinone. Senyawa ini memiliki kadar penghambatan sebanyak 50 persen pada sel penyebab kanker payudara.

Firda juga mengatakan bahwa kaki seribu dengan kandungan benzoquinone mampu menjadi agen kemoprevensi pada pengobatan payudara.

Inisiatif penelitian tersebut dilakukan oleh tiga mahasiswa Farmasi ini karena keperihatinan atas tingginya angka kematian yang disebabkan kareana kanker payudara di Indonesia. 
Pada tahun 2012 kematian yang disebabkan kanker payudara mencapai 8,2 juta orang. Bahkan kanker payudara menjadi kasus yang menempati posisi pertama dengan persentasi 43,10 persen sebagai kasus baru dan 12,90 persen untuk kasus kematian.

Semoga penemuan obat kanker payudara ini bisa segera menjadi solusi ampuh untuk pasien kanker payudara agar tidak perlu kemoterapi lagi ya.

 

Source:Indozone /Foto: Okezone

3 | Mahasiswi | UGM | Temukan |

Copyright @2015