Selasa, 11 September 2018 10:58 WIB

Ternyata, Mata Panda Tidak Hanya Disebabkan Oleh Kurang Tidur

 Ternyata, Mata Panda Tidak Hanya Disebabkan oleh Kurang Tidur
Foto ilustrasi

SR28JAMBINEWS.COM -- Mata panda bisa dialami setiap orang baik pria maupun wanita. Mata panda biasanya ditandai dengan adanya warna hitam disekitar kantung mata yang tampak gelap dan cenderung menghitam. Bagi sebagian orang banyak yang tidak percaya diri jika terdapat mata panda karena dapat mengganggu penampilan.

Munculnya mata panda tidak melulu disebabkan karena kurang tidur, namun ada beberapa sebab yang menjadi pemicu munculnya mata gelap diarea kantung mata anda.

Berikut ini penyebab munculnya mata panda seperti dikutip dari laman Alodok (11/9/2018).

Kurang tidur
Saat kurang tidur, darah tidak mengalir dengan baik. Akibatnya, darah yang terkumpul di bawah mata dapat terlihat, karena kulit di daerah ini sangat tipis. Selain mata panda, kurang tidur juga membuat mata menjadi tampak bengkak. Karena kurang tidur dapat menyebabkan tubuh menjadi lelah, maka penampilan wajah pun dapat menjadi kusam dan muncul mata panda.

Faktor usia
Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi semakin tipis. Perlahan-lahan, kulit juga mulai kehilangan elestasitasnya. Saat keadaan ini terjadi, pembuluh darah di bawah mata semakin terlihat jelas sehingga menyebabkan mata panda.

Kebiasaan menatap layar
Menatap layar televisi, komputer, atau telepon genggam dalam waktu lama dapat mengakibatkan ketegangan pada mata. Ketegangan ini menjadikan pembuluh darah di sekitar mata membesar. Akibatnya, kulit di sekitar mata menjadi gelap.

Faktor Genetik
Mata panda juga bisa diturunkan dalam keluarga. Selain itu, orang yang memiliki kulit lebih gelap juga lebih berisiko mengalami mata panda.

Dehidrasi
Dehidrasi atau kekurangan cairan  juga dapat menjadi penyebab mata panda. Ketika tubuh kekurangan air, kulit di bawah mata akan terlihat cekung dan sayu.

Kebiasaan merokok dan minum alkohol
Gaya hidup yang tidak baik, seperti kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol, juga dapat menyebabkan mata panda karena menumpuknya cairan di dalam tubuh. Efek mengonsumsi alkohol dan merokok lama kelamaan dapat membuat aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar sehingga lingkar mata terlihat lebih gelap seperti mata panda.

Paparan sinar matahari
Paparan sinar matahari dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen penggelap kulit. Paparan sinar matahari yang mengenai mata dapat menyebabkan pigmentasi di kulit sekitar mata, sehingga warnanya menjadi lebih gelap.

Alergi
Reaksi alergi dan mata kering dapat memicu lingkaran hitam. Ketika mengalami alergi, tubuh akan melepaskan histamin sebagai respons terhadap pemicu alergi. Histamin dapat menyebabkan pembuluh darah membesar dan menjadi lebih terlihat, termasuk yang berada di bawah mata.

Demikian penyebab timbulnya mata panda di area kantung mata anda. Untuń∑ menghindarinya, maka akan lebih baik mengurangi intensitas pemicu timbulnya mata panda salah satunya dengan menghindari kebiasaan bergadang dan terus menerus menatap layar gawai anda.

 

 

Ternyata, | Mata | Panda | Tidak |

Copyright @2015