Rabu, 31 Oktober 2018 10:54 WIB

Apple IPad Pro 2018 Diluncurkan, Ini Dia Kemampuan Dan Harganya

 Apple iPad Pro 2018 Diluncurkan, Ini Dia Kemampuan dan Harganya
Apple iPad Pro 2018

CUPERTINO -- Apple menggebrak pasar tablet yang selama ini dianggap tak lagi menggiurkan lantaran permintaan yang terus menurun dalam beberapa tahun terakhir. Menepis nada minor, mereka benar-benar merangcang lineup iPad Pro (2018) dengan penuh keseriusan.

Setelah meluncurkan tiga iPhone fullview-nya tahun ini, sekarang mereka merayu pasar di jalur iPad Pro-nya. Versi lama iPad dengan layar 10,5 inci kini telah ditingkatkan menjadi 11 inci, plus dikelilingi bingkai tipis.

Varian lainnya memiliki layar 12,9 inci dengan tubuh ramping sehingga menciptakan kesan sebagai tablet raksasa yang nyaman di mata dan mudah dikontrol di tangan.

Layarnya masih panel LCD dan Apple menyebutnya sebagai Liquid Retina displaysseperti halnya layar iPhone XR. Bila dibandingkan dengan perangkat lawas-nya, kita akan mendapatkan warna yang akurat dan pencitraan yang indah. Ini berkat benaman True Tone dan Night Shift agar layar mudah dilihat walaupun pencahayaan lingkungan tak mendukung.

Dengan bezel tipis, tidak ada ruang untuk tombol home aktual atau Touch ID. Karena itu, model baru iPad Pro memanfaatkan teknologi FaceID, yakni teknologi pengenalan wajah milik Apple yang diperkenalkan pada iPhone X di tahun lalu.

Tablet iPad Pro 2018 akan diluncurkan dengan iOS terbaru. Saat mengakses ke iOS 12, masih ditemukan banyak iDevices yang lebih tua -iPad dan iPhone dari tahun lalu. Padahal menginstal iOS 12 pada iPad yang lebih lama berpotensi membuat penyusutan bezel. Mengapa? Karena yang terbaru punya antarmuka berbasis gerakan baru.

Penggunaannya bisa merujuk iPhone XS. Desain iPad Pro baru membuang tombol home dengan UI yang sepenuhnya dapat dikendalikan melalui gerakan.

Geser ke atas dari bawah untuk mendapatkan App Dock, lalu lanjutkan menggesek dan pengguna mendapatkan multitasking. 

Dalam hal penyimpanan, iPad Pro terbaru memiliki 4 tingkatan untuk dipilih. Masing-masing, model 11 inci dan 12,9-inci yang datang dalam variasi 64 GB, 256 GB, 512 GB, dan 1 TB penyimpanan asli yang mengesankan. Dan tentu saja mahal.

Pada bagian belakang, dua iPad baru memiliki kamera 12 MP dengan aperture lensa F1.8. Di atas kertas, sensor itu terdengar sangat mirip dengan sensor yang iPad Pro 2017. 

Apple membanderol barang dagangan barunya ini mulai diharga Rp12,2 juta di varian 11 inci dan Rp15,2 juta untuk model 12,9 inci. Sementara model varian ruang penyimpanan bawaan 1 TB dijual Rp24 juta hingga Rp29 juta. 

Apple | iPad | Pro | 2018 |

Copyright @2015