Rabu, 07 November 2018 10:28 WIB

Mengenal Gampoeng Pande, Desa Tertua Di Aceh

 Mengenal Gampoeng Pande, Desa Tertua di Aceh
Gampoeng Pande, Desa Tertua di Aceh

SR28JAMBINEWS - Dalam catatan sejarah, pusat pemerintahan kerajaan Aceh konon terletak di Gampoeng Pande, kecamatan Kutaraja, Banda aceh. Desa gampoeng pande termasuk desa tertua di aceh loh yang menjadi cikal bakal kerajaan Aceh Darusalam sekitar abad ke 13 masehi.

Katanya sih, dinamakan Gampoeng Pande, karena pernah menjadi permukiman orang pandai loh.seperti ulama, ilmuan, pengrajin seni,dan lainya. Tau gak?  gampoeng pande juga disebut sebagai kampung seribu nisan. Soalnya ada ratusan nisan yang bentuknya khas. Dan diyakini adalah nisan para raja dari gampong pande.

Sayangnya.sebagian besar batu nisan telah lenyap, karena di sapu tsunami pada tahun 2004 lalu. Meski begitu, masih ada loh nisan yang tersisa dipermukaan tanah yang berupa rawa-rawa.

Diantaranya nisan milik putroe ijo, seorang putri yang berasal dari kerajaan deli. Dan makam teungku di kandang, raja kerajaan aceh.

Nama Gampoeng Pande sempat kembali mencuat, setelah ditemaukan ribuan keping emas kuno. Warga setempat yakin, keping emas yang di temukan adalah mata uang kerajaan aceh, ketika Berjaya di abad ke 16.

Artefak peninggalan sejarah juga banyak ditemukan di gampoeng  pande. Berupa piring dan cawan keramik kuno. Gak heran jika para peneliti, banyak yang tertarik datang ke kampung pande.

Banyaknya situs bersejarah dalam satu kawasan. Membuat gampoeng pande dinibatkan sebagai kawasan cagar budaya, oleh dinas kebudayaan dan pemerintahan Banda Aceh

Batu nisan kuno yang ada, konon sudah sejak jaman kerajaan samudera pasai, sekitar abad ke 11 hingga abad ke 13. Menurut penelitian akreologis, batu nisan paling tua, ditemukan di aceh utara, yaitu pada makam Sultan Malikus Saleh, Sultan pertama, kerajaan Islam pertama di nusantara. 

Batu nisa juga dikelompokan, sesuai dengan kelas dan tipenya. Mulai dari kaligrafi khas nagroe aceh Darussalam, wujud dasar badan, serta cirri tambahan lainnya. Seperti sayap, tonjolan dan lengkungan.

Bentuk runit dari nisan, dengan hiasan berupa kaligrafi yang indah, menandakan status sosisal orang yang dimakamkan

Jika berkunjung ke Aceh, jangan lupa mampir ke gampoeng pande yah. Kita bisa belajar banyak tentang sejarah Aceh.

 

Mengenal | Gampoeng | Pande, | Desa |

Copyright @2015