Rabu, 07 November 2018 10:41 WIB

Kualitas Kopi Aceh Bereputasi Dunia, Saking Enaknya

 Kualitas Kopi Aceh Bereputasi Dunia, Saking Enaknya
Kopi khas Aceh

SR28JAMBINEWS - Masyarakat Aceh gak bisa dipisahkan dari kebiasaan minum kopi. Maka jangan heran, kalau kedai-kedai kopi, dengan mudah bisa dijumpai di aceh. Tradisi minum kopi memang sudah berkembang secara turun menurun. Kualitas kopi Aceh, bereputasi dunia, Saking enaknya.

Cara meracik kopi khas aceh juga berbeda. Kopi khas aceh tidak diseduh, melainkan dimasak. Proses masak kopi, dipercaya menciptakan aroma dan cita rasa kopi yang kuat, nikmat

Nah, setelah masak, kopi harus disaring, dengan saringan kain berbentuk kerucut. Untuk memisahkan kopi dari ampasnya. Aneka perabotan untuk memasak dan menyajikan kopi juga terbilang unik. Terbuat dari kaleng.

Sentra pembuat tannya di gampoeng geulanggang, kecamatan kota juang, kabupaten bireun. Hampir seluruh seluruh warga gampoeng gelunggang, menjadi pengrajin kaleng loh. 

Untuk membuat gelas kaleng kopi, diperlukan lembaran alumunium, potong sesuai ukuran yang diinginkan. Lalu, bentuk melingkar.

 Selanjutnya, buat gagang gelasnya, rekatkan dengan solder.

Beri paku pada bagian tengahnya, agar gelas semakin kuat. Tinggal buat penutup bawahnya deh. Beres.

Sentra pengrajin kalen g di gampoeng geulanggang, sudah ada sejak tahun 1965. Awalnya sih, hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warganya saja. Namun, karena banyaknya permintaan, semakin banyak deh yang mencari penghidupan dengan menjadi pengarajin kaleng.

Gak Cuma membuat gelas saja, aneka kereajinan rumah tangga pun bisa dibuat. Bagus-bagus, dan tahan lama. Gak mahal kok.

Kualitas | Kopi | Aceh | Bereputasi |

Copyright @2015