Jumat, 09 November 2018 10:50 WIB

Sentra Gerabah Di Desa Melikan Bayat Yang Mendunia

 Sentra Gerabah di Desa Melikan Bayat yang Mendunia
Sentra Gerabah di Desa Melikan Bayat yang Mendunia

KLATEN - Di desa Melikan Bayat, Klaten, terdapat sentra gerabah yang sudah mendunia. Yaitu gerabah Bayat. Kualitasnya jangan diragukan lagi dong. Ok punya.

Sedari dulu warga desa Melikan memang berprofesi sebagai pembuat Gerabah. Bahkan 90 % warganya, menggantungkan hidup dari indrusti Gerabah Tradisional.

Sebelum dibentuk, tanah yang sudah siap diolah harus di injak-injak dulu, agar lentur. Untuk mengecek tanah sudah lentur atau belum, ambil sedikit tanah, pukul-pukul,lalu di gosok-gosok . nah jika sudah seperti ini, tanah liat siap dibentuk  menjadi gerabah.

Potong sedikit tanah menggunakan benang supaya rata. Pukul-pukul sebentar, baru di taruh ke atas pelarik.

Bahan baku yang sudah ditaruh keatas pelarik, tinggal dibentuk sesuai keinginan. Tekan tanah dengan kedua tangan, sambil terus diputar pelariknya yah.

O ya, hampir lupa nih, berbeda dengan daerah lain, pelarik atau alat putar keramik disini bentuknya miring loh. Kira-kira kenapa yah.

Dulu, kebanyakan pengrajin gerabah di desa Melikan Bayat, adalah perempuan. Dan pakaian yang selalu di gunakan saat beraktifitas adalah kain jarik dan kebaya. Nah, agar terlihat  sopan, pelariknya sengaja dibuat miring. jadi, kaki para pengrajin gerabah,dapat lurus menyamping.

Kaki kiri untuk menggerakan pelarik, kaki kanan untuk menahan beban tubuh, supaya seimbang. 

Desa wisata melikan memang sangat terkenal denagn gerabah. Tapi makin lama, pengrajinnya makin berkurang sahabat. Khusus gara-gara generasi muda Melikan yang memilih untuk mencoba profesi lain.

Nah untuk menjaga kelestarian gerabah desa Melikan, yang disebut juga Gerabah Bayat, dikonseplah wisata edukasi Gerabah. Jadi siapapun yang berminat, bisa belajar proses pembuatan gerabah.

Biasanya desa wisata Melikan akan ramai pengunjung pada hari Senin sampai Jumpat. Kebanyakan pengunjung yang datang adalah para pelajar dari Klaten dan sekitarnya. Wah pastinya seru dong belajar membuat gerabah. Menambah ilmu dan wawasan juga.

Sentra | Gerabah | di | Desa |

Copyright @2015