Selasa, 13 November 2018 09:49 WIB

Tak Hanya Gili Trawangan, Lombok Juga Miliki Wisata Air Terjun Benang Kelambu

 Tak Hanya Gili Trawangan, Lombok Juga Miliki Wisata Air Terjun Benang Kelambu
Air terjun Benang Kelambu di Lombok

LOMBOK - Wisata Lombok tidak hanya Gili Trawangan dan pantai Senggigi lho. Banyak tempat wisata lain yang menarik, dan patut anda kunjungi saat berada di Lombok. Jika berkunjung ke kaki gunung Rinjani, Lombok Tengah, wisata air terjunnya bisa menjadi pilihan.

Semua usia terutama anak-anak, pasti suka main seluncuran air.  Abis seru banget sih, masyarakat kota besar umumnya bisa dengan mudah bermain seluncuran, diberbagai fasilitas modern, yang disebut Waterboom.

Berbeda dengan seluncuran modern yang berbiaya mahal, di desa Pringgata, Lombok Tengah, seluncuran dilakukan di parit, atau saluran air. Masyarakat setempat menyebutnya dengan prosotan Abangan.

Prosotan Abangan berbentuk parit sepanjang 5 km. Yang dibangun tahun 1890, oleh pemerintah Hindia Belanda. Sebagai sarana Irigasi bagi warga.  

Wah,  umurnya sudah tua banget ya, tapi hebatnya masih kokoh bertahan hingga sekarang. Tuh lihat!. Beberapa pengunjung mencoba meluncur di prosotan Abangan. Seru banget ya... Beberapa nampak mencoba menggunakan ban. Lalu meluncur berombongan seperti kereta, asikkk!

Aliran air yang cukup deras membuat laju saat meluncur menjadi semakin cepat. Adrenalin dijamin meningkat drastis... Asyiknya lagi, air yang mengalir relatif bersih dari sampah... Jadi makin betah deh main airnya

O iya, setiap musim liburan, perosotan Abangan selalu ramai pengunjung. 

Soalnya murah meriah sih.... Dan dijamin bikin ketagihan... Seru banget soalnya!!!

Belum puas? Masih ada lagi nih air terjun yang menakjubkan, coba kunjungi air terjun Benang Kelambu. 

Karena mungkin saja, air terjun Benang Kelambu, adalah salah satu air terjun terindah di Indonesia.

Air terjun Benang Kelambu, paling terkenal di pulau Lombok. Lokasinya, ada disekitar kaki gunung Rinjani. Tepat ditengah pulau Lombok. Sekitar sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Mataram.

Air terjun Benang Kelambu, masuk dalam kawasan Geopark Rinjani. Tiket masuknya cukup murah. Hanya 5000 rupiah saja perorangnya. Untuk masuk kedalam, kita bisa diantar ojek, sekitar 10 menit perjalanan. Sampai deh...

Setelah menuruni anak tangga, keindahan air terjun Benang Kelambupun tersibak. Wow..., luar biasa!. Pemandangannya begitu indah, sepintas air nampak keluar dari rimbunnya pepohonan.

Dinamakan air terjun Benang Kelambu, karena turunnya air,  berbentuk seperti kelambu. Air terjun ini memiliki 3 tingkat. Tingkat yang paling atas berasal langsung dari mata air,  dan memiliki ketinggian sekitar 30 meter.

Tingkat yang kedua merupakan lanjutan dari tingkat pertama,  dengan ketinggian sekitar 10 meter.  Sedangkan tingkat ketiga memiliki ketinggian hanya 5 meter saja. Anda pastinya gak akan tahan untuk tidak segera bermain air. Rasanya nyaman banget dan begitu damai.

Aliran air dari atas,  tidak langsung jatuh ke dasarnya.  Air akan jatuh terlebih dahulu, pada tingkatan kedua yang berupa kolam alami,  yang terbentuk dari lempengan Batu Cadas. Bermain air disini, serasa dikolam pribadi.

Kondisi hutan yang masih terjaga,  membuat debit air terjun Benang Kelambu selalu stabil, dan jernih.  Makanya, banyak juga loh yang memanfaatkannya untuk diminum langsung..Seger banget, bikin betah deh.

Tak | Hanya | Gili | Trawangan, |

Copyright @2015