Sabtu, 17 November 2018 10:15 WIB

Intip Resep Enak Membuat Tutut, Makanan Favorit Di Majalengka

 Intip resep Enak Membuat Tutut, Makanan Favorit di Majalengka
Sajian Tutut

MAJALENGKA - Kalau habis dipanen, disawah pastinya banyak tutut. Tau tutut dong?. Ituloh sejenis siput yang berwarna kehitaman. Rasanya enak, dan berprotein tinggi. Di majalengka, tutut termasuk makanan favorit, yang bisa diolah menjadi aneka masakan

Gak susah ternyata cari tututnya. Sebentar aja sudah dapat banyak.

Enaknya kita masak apa nih tututnya. Gimana kalau tutut bumbu kuning saja. Sebelum di masak kita cuci dulu yah tutut nya. Pecahkan ujung cangkangnya dengan pisau. Agar bumbu lebih mudah menyerap.

Kita racik bumbunya ya. Uleg lengkuas, bawang merah, bawang putih, sereh, kemiri, kunyit dan jahe, sampai halus. Tambahkan cabe hijau dan cabe merah, ulek kembali sampai rata.

Bumbu yang sudah jadi lalu ditumis. Sementara, tututnya direbus terlebih dulu, dengan diberi garam. Angkat, dan masak tutut bersama bumbunya. Biarkan  beberapa saat sampai matang. Masakan  tutut di berbagai daerah hampir sama. Namun  di Majalengka agak beda.

Tutut disajikan kering, meski di masak dengan bumbu basah.

Olahan tutut adalah kudapan yang biasa di jajakan malam hari di Majalengka. Soalnya  ampuh banget untuk menghangatkan tubuh... Mampir  aja deh ke daerah Mambo disekitar alun-alun kota. Sore  yang jual tututnya sudah ada kok. Bisa  dibawa pulang, atau dimakan langsung dilokasi. Enaaaaakkkkk!.

 

Intip | resep | Enak | Membuat |

Copyright @2015