Minggu, 25 November 2018 12:14 WIB

Dekranasda Jambi Manfaatkan Panggung Nasional Promosikan Produk Jambi

 Dekranasda Jambi Manfaatkan Panggung Nasional Promosikan Produk Jambi
Ketua Dekranasda Jambi Hj. Rahima Fachrori (Tengah

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda Provinsi Jambi) terus berupaya utuk mempromosikan produk-produk unggulan Provinsi Jambi supaya meraih pangsa pasar yang luas, dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian Provinsi Jambi dengan berbagai pelaku usaha yang terlibat di dalamya, terutama Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Kali ini, Pemprov dan Dekranasda Provinsi Jambi mengadakan promosi di tingkat nasional, yakni di Gedung SMEsCo (Small and Medium Enterprises and Cooperatives)/UKM dan Koperasi Jakarta, yakni gedung yang disediakan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian dan Koperasi dan Dekranas (Pusat) untuk menampilkan produk-produk UKM dalam negeri, yang diselenggarakan pada Minggu (25/11), dengan tajuk SMEsCo Jambi TUNTAS Festival. Pemprov bersinergi dengan Dekranasda memanfaatkan panggung nasional untuk mempromosikan produk unggulan Provinsi Jambi, berikut seni dan budaya serta wisata Provinsi Jambi.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum yang membuka festival tersebut-ditandai dengan pemulukan kompangan bersama dengan Plt.Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori-mengemukakan, SMEsCo Jambi TUNTAS Festival merupakan akselerasi (percepatan) promosi produk-produk unggulan Provinsi Jambi,

Fachrori menyatakan, selain mempromosikan produk unggulan daerah Jambi, ajang ini juga bertujuan untuk lebih memperkenalkan seni budaya dan peran dari Usaha Kecil Menengah (UKM) di Provinsi Jambi guna menunjang pariwisata yang ada di Provinsi Jambi.

Pemerintah Provinsi Jambi, lanjut Fachrori, telah berupaya dalam meningkatkan daya saing, kreativitas, produktivitas dan kemandirian UKM guna mengembangkan usaha secara sistematis, berkelanjutan dan terintegrasi secara nasional. “Produk unggulan kita memang unik dan menarik, namun jika tidak dipromosikan tentu sulit dikenal dalam pasaran, baik itu nasional maupun internasional," tutur Fachrori.

"Ajang ini merupakan strategi dan alternatif yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Jambi untuk lebih mempromosikan produk unggulan daerah. Saya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM RI, dan SMEsCo Indonesia yang telah memfasilitasi ajang ini, sebagai sarana promosi produk unggulan Provinsi Jambi," ujar Fachrori.

Lebih lanjut, Fachrori juga mengatakan, ajang ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi Jambi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Jambi, yang berimbas pada peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Jambi, khususnya para pengrajin dan para pelaku UKM di Provinsi Jambi.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah SMEsCo Indonesia, Emilia Suhaimi mengatakan, ajang ini sangat penting, sebagai wujud kepedulian dan keberpihakan Menteri Koperasi dan UKM RI yang saat ini sedang giat-giatnya melakukan promosi dan pemasaran UKM dengan mensinergikan Dekranasda Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota bersama Kementerian Koperasi dan UKM RI dalam upaya membantu para pengrajin dan para pelaku UKM di daerah.

"Dalam membantu Kementerian Koperasi dan UKM RI, SMEsCo Indonesia menyediakan panggung kreasi untuk ekspose dan promosi semua potensi daerah, mulai dari produk unggulan, budaya, pariwisata dan kuliner khas daerah masing masing," kata Emilia.

Emilia menjelaskan, ajang yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jambi ini merupakan bagian dari revitalisasi Paviliun Provinsi yang telah dilaksanakan oleh SMEsCo Indonesia dan merupakan ajang ekspose potensi keunggulan daerah yang mencirikan suatu identitas daerahnya, sehingga menjadi referensi terbaik dalam mendapatkan produk unggulan terbaik di Indonesia.

"Semua yang dipamerkan melalui ajang ini, sebaiknya menampilkan karakter yang kuat, produk unggulan, berbasis lokal, kaya kreativitas dan inovasi yang mengutamakan penggunaan bahan baku lokal, sehingga khas suatu daerah tersebut bisa terlihat jelas dan memiliki keunikan tersendiri," jelas Emilia.

Emilia juga mengharapkan, melalui ajang ini, masyarakat Indonesia lebih mengenal produk-produk dari Provinsi Jambi, sehingga ada interaksi antara para pengrajin dan para pelaku UKM dengan masyarakat.

Pada SMEsCo Jambi TUNTAS Festival Tahun 2018 juga ditampilkan pameran berbagai tekuluk khas Provinsi Jambi dari masing-masing Kabupaten/Kota S Provinsi Jambi, dimana ada 98 ragam tekuluk yang dimiliki oleh Provinsi Jambi.

Usai membuka SMEsCo Jambi TUNTAS Festival Tahun 2018, Fachrori mengunjungi beberapa stand yang ada, guna melihat produk-produk unggulan yang ditampilkan, mulai dari kerajinan sampai pada makanan khas lokal Provinsi Jambi. 

Reporter: Richi

Foto: Novriansyah

Dekranasda | Jambi | Manfaatkan | Panggung |

Copyright @2015