Minggu, 25 November 2018 15:20 WIB

Lomba Perahu Tradisional Sebagai Ajang Latihan Dibidang Olahraga Dayung

  Lomba Perahu Tradisional sebagai Ajang Latihan Dibidang Olahraga Dayung
Lomba Perahu Tradisional di Sungai Batanghari

JAMBI - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si berharap agar prestasi lomba perahu tradisional Provinsi Jambi terus meningkat. Untuk itu, selain latihan dan pembinaan atlet, event lomba perahu juga perlu dilaksanakan. Harapan tersebut dikemukakannya saat Pembukaan Lomba Perahu Tradisional dan Perahu Naga 2018, di Sungai Batanghari Kawasan Olak Kemang Kota Jambi Minggu (25/11/2018) sore.

Sekda menyatakan, Lomba Perahu Tradisional dan Perahu Naga Tahun 2018 bertujuan sebagai hiburan masyarakat Jambi, dan juga ajang latihan untuk prestasi di bidang olahraga dayung, serta mengajarkan untuk siap untuk berkompetisi.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi saya mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyelenggaraan perlombaan ini sehingga dapat terlaksana. Lomba Perahu Tradisional dan Perahu Naga bertujuan selain menghibur masyarakat juga sebagai latihan untuk prestasi di bidang olahraga dayung, serta memiliki makna filosofis yang baik. Kegiatan ini mengajarkan kita untuk siap berkompetisi dengan segala konsekuensinya, baik menang maupun kalah," ungkap Sekda.

Sekda mengatakan, lomba pacu perahu juga memberikan kemeriahan dan menyenangkan bagi masyarakat khususnya di Kota Jambi dan sekitarnya.

"Saya mengharapkan lomba pacu perahu ini dapat menjadi agenda tetap, setiap tahun dilaksanakan dan kita harus dukung olahraga lomba perahu ini, karena prestasi atlet cabang olahraga dayung di Jambi sangat baik dan fasilitas olahraga di daerah sudah cukup memadai," kata Sekda.

Lebih lanjut Sekda menjelaskan, lomba perahu tradisional dan perahu naga memberikan pelajaran bahwa usaha keras dalam memperoleh kemenangan tidaklah mudah. Perlu kekuatan, kecepatan, dan strategi yang baik untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

"Semangat yang tinggi dan menjunjung sportivitas dalam bertanding sangatlah penting,” tegas Sekda.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi, Drs.H.Wahyudin,M.Pd menyampaikan, tujuan dilaksanakannya Lomba Pacu Perahu Tradisional dan Perahu Naga yaitu sebagai sarana latihan untuk prestasi di bidang olahraga dayung. Mencari bibit atlet berbakat pada cabang olahraga dayung, dan sarana hiburan masyarakat Kota Jambi dan sekitarnya.

"Peserta lomba perahu tahun 2018 ini terdiri dari A. Lomba Perahu Naga yang diikuti oleh 8 peserta yang terdiri dari 7 kabupaten/kota dan 1 klub terdiri dari Kota Jambi. 1. Kota Jambi, 2. Kabupaten Sarolangun, 3. Kabupaten Muaro Jambi, 4. Kabupaten Batanghari, 5. Kabupaten Kerinci, 6. Kota Sungai Penuh, 7. Kabupaten Tanjung Jabung Barat, 8. Klub Back Bettle," ujar Wahyudin.

Reporter: Sapra Wintani

Foto: Mulyadi

Lomba | Perahu | Tradisional | sebagai |

Copyright @2015