Sabtu, 12 Januari 2019 17:00 WIB

Pembangunan Stasiun LRT Dikebut

 Pembangunan Stasiun LRT Dikebut

JAKARTA – Menjelang pengoperasian perdana  light rail transit (LRT) pada Februari 2019, PT LRT Jakarta terus mempercepat finishing beberapa stasiun. Saat ini masih ada proyek pengerjaan tahap akhir seperti pembersihan seluruh stasiun hingga pemasangan lift. “Hampir mendekati akhir, mungkin sekitar 97%,” kata Direktur Utama PT LRT Jakarta Allan Tandiono kemarin.

Sebenarnya rencana pengoperasian LRT sempat bergulir saat perhelatan Asian Games 2018 lalu, namun dalam perjalanannya terjadi kendala hingga akhirnya moda transportasi berbasis rel itu segera dioperasikan bulan depan.

Pada pengoperasian perdana nanti LRT menargetkan jumlah penumpang setiap harinya mencapai 10.000 orang. Target tersebut diyakini tercapai lantaran integrasi dengan bus Transjakarta sudah mencapai kata sepakat. Jembatan penghubung atau skybridge akan terpasang di Stasiun Velodrom, Jakarta Timur.

Sebagai langkah awal, rencana pengoperasian rangkaian kereta akan diubah. Bila pada tahap uji coba LRT hanya menjalankan dua rangkaian, maka saat operasi nanti kereta akan di fungsikan menjadi empat rangkaian. “Secara bertahap kami akan operasikan delapan rangkaian,” ucapnya.

Untuk headtime kereta, perubahan pola dilakukan demi memaksimalkan bobot penumpang. Pada jam sibuk seperti pagi dan sore LRT akan dirancang per 5 menit, sedangkan jam longgar atau sepi akan dirancang per 10-15 menit.

Menurut Allan, meski LRT bakal beroperasi pada Februari, pihaknya belum dapat mematok tarif penumpang. PT LRT Jakarta masih menunggu Pemprov DKI mengenai masalah tarif. “Soal apakah mulai bayar, tarifnya berapa, kami masih menunggu Pemprov DKI.

Pemprov akan mengumumkan bersamaan dengan MRT,” ujarnya. Belum diumumkannya tarif lantaran LRT masuk program Jak Lingko, yang di dalamnya terintegrasi dengan Transjakarta, termasuk juga mengenai rencana integrasi MRT dan Transjakarta.

Kendati tarif belum ada, dia memastikan sumber daya manusia (SDM) LRT telah siap melayani penumpang. Sebanyak 20 pegawai dimagangkan ke PT Transportasi Jakarta untuk mempelajari perilaku penumpang.

Source : Okezone

Pembangunan | Stasiun | LRT | Dikebut |

Copyright @2015