Rabu, 23 Januari 2019 10:30 WIB

Dipandang Sebelah Mata, Ternyata Rawa-rawa Di Jalan Baru Ini Hasilkan Satu Ton Ikan Perhari

 Dipandang Sebelah Mata, Ternyata Rawa-rawa di Jalan Baru Ini Hasilkan Satu Ton Ikan Perhari

JAMBI (SR28) - Bagi masyarakat Provinsi Jambi dan Kota Jambi pada khususnya tentu pernah mendengar "Pasar 46" atau "Jalan Baru". Ya, Jalan tersebut adalah jalan lintas Provinsi yang pembangunannya dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi. Jalan Baru secara resmi bernama Jalan Lingkar Timur II yang terletak di Kelurahan Sijenjang Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi yang membentang antara Kota Jambi dan Muaro Jambi.

Konon disebut, dikawasan tersebut ada sebuah pasar tradisional yang akrab dinamai "Pasar 46", karena para pedagang disana mulai menjajakan dagangannya pada pukul 4 sore dan tutup pada pukul 6 sore di setiap harinya.

Jika musim hujan datang, tak jarang Jalan Baru tersebut digenangi air. Hal tersebut disebabkan disepanjang jalan terbentang hektaran lahan rawah. Sedangkan jika musim kemarau datang, debu pekat menghiasi sepanjang jalanan.

Hal yang menarik SR28 untuk mengunjungi kawasan tersebut adalah adanya kebiasaan masyarakat setempat yang melakukan penangkapan ikan di setiap harinya, yaitu pagi dan sore. 

Masyarakat setempat menamai aktivitas mereka dengan sebutan "Nangkul Ikan".

Awam, salah satu masyarakat yang melakukan aktivitas Nangkul mengaku aktivitas mereka tersebut sudah sejak lama dilakukan dan sebagian mereka menjadikan "Nangkul" sebagai mata pencaharian. Pasalnya, mulai dari ikan yang melimpah tersebar disepanjang aliran air rawah, pembeli/konsumen pun dengan senang hati telah menjadi pelanggan setia yang siap membeli hasil tangkapan mereka.

Karena, selain ikan masih segar, ikan-ikan tangkapan dari menangkul tersebut bebas dari bahan beracun.

"Yang beli masyarakat sekitar sini, mereka ada yang dibuat empek-empek, ada juga yang dikonsumsi untuk rumah tangga langsung" ujar Awam, Selasa (22/1/2019).

Dalam sehari, Awam bisa menangkap ikan dengan jumlah yang tak sedikit, dia mengaku kalau ikan tengah banyak (musim) bisa menangkap dalam jumlah 200 kg ikan segar. Hal yang sama juga dirasakan oleh belasan penangkul yang beraktivitas di sepanjang Jalan Baru/Pasar 46 tersebut. Hingga, jika dikalkulasikan dalam sehari para penangkul mendapatkan ikan dalam jumlah lebih dari 1 ton.

"Kalau pas ikan lagi banyak, biasanya baru selesai hujan ikan-ikan yang kami tangkap bisa mencapai sepikul (100 kg) atau dua pikul (200 kg) dalam sehari per penangkul. Kalo hari ini kami sudah dapat sepikul (100 kg)" tambah Awam.

Untuk diketahui, ikan-ikan yang ditangkap dikawasan ini didominasi oleh 3 jenis ikan, yaitu ikan Tambak, Serampil dan Tembakang. Perkilonya, rata-rata dijual dengan harga Rp 5.000 sampai Rp 10.000.

Penangkul biasanya memulai aktivitasnya pada pukul 8 pagi hingga pukul 11 siang, serta mulai melanjutkan lagi pada pukul 2 hingga 6 sore.

Tak jarang, animo masyarakat untuk berbelanja secara langsung membuat kawasan pasar 46 menjadi macet.

Reporter: Muhammad Sidik`
Editor: Agus Solihin Abar

Dipandang | Sebelah | Mata, | Ternyata |

Copyright @2015