Senin, 28 Januari 2019 11:59 WIB

5 Jenis Kram Perut Yang Merupakan Gejala Penyakit Berbahaya

 5 Jenis Kram Perut yang Merupakan Gejala Penyakit Berbahaya

Kram perut memang menyebalkan, akan tetapi biasanya tidak berbahaya. Namun bila Anda menyadari ada perubahan pada kram perut Anda, maka Anda perlu waspada. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis kram perut dan apa hubungannya dengan berbagai penyakit berbahaya.

Kram Perut Hebat dan Volume Darah Menstruasi yang Banyak

Jika Anda mengalami hal ini, Anda mungkin mengalami mioma uteri. Tumor jinak ini tumbuh di dalam atau luar otot rahim. Penyebabnya masih tidak diketahui, akan tetapi mioma uteri sangat sering ditemukan, terutama pada wanita yang berusia 30-40 tahun. Nyeri perut yang Anda rasakan kemungkinan disebabkan oleh peradangan atau karena mioma menekan rahim Anda.

Untuk mengatasinya, Anda perlu segera memeriksakan diri ke seorang dokter. Dokter akan menentukan apakah mioma perlu diangkat atau tidak. Hal ini biasanya tergantung pada lokasinya dan seberapa besar ukurannya. Untuk mengatasi rasa nyeri sebelum mioma Anda diangkat, Anda dapat mengkonsumsi pil KB karena mioma merupakan tumor yang sensitif terhadap estrogen.

Nyeri Ringan Tetapi Terus-Menerus

Jika Anda mengalami hal ini, Anda mungkin mengalami penyakit radang panggul (PID). PID merupakan suatu infeksi berat pada rahim, indung telur, dan atau saluran telur. Hal ini mungkin disebabkan oleh suatu penyakit menular seksual yang tidak diobati seperti klamidia atau gonoreaa, yang seringkali memang tidak menunjukkan gejala apapun.

Nyeri yang terjadi biasanya ringan dan tidak terasa menusuk, hanya membuat perut terasa tidak nyaman. Saat Anda menstruasi, rasa nyeri ini mungkin akan terasa lebih hebat.

Untuk mengatasinya, segera periksakan diri Anda ke seorang dokter agar Anda dapat memperoleh pengobatan segera. Infeksi ini dapat disembuhkan, akan tetapi bila dibiarkan terlalu lama, maka dapat terbentuk jaringan parut pada organ reproduksi Anda yang akan membuat Anda lebih sulit hamil nantinya.

Nyeri Tajam Pada Satu Sisi

Jika Anda mengalami hal ini, Anda mungkin mengalami torsio ovarium. Torsio ovarium terjadi saat sesuatu (misalnya kista) membuat indung telur (ovarium) Anda terpuntir, sehingga ia "tercekik" dan tidak mendapatkan aliran darah. Rasa nyeri biasanya sangat hebat dan gangguan ini membutuhkan penanganan segera. Jika tidak segera diatasi, ovarium dapat mengalami "kematian" dan tidak dapat berfungsi lagi.

Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan melakukan tindakan pembedahan laparoskopi darurat. Kadangkala ovarium masih dapat diselamatkan. Akan tetapi, bila ovarium sudah tampak menghitam, maka ovarium harus diangkat.

Kram Hebat yang Tidak Bisa Diatasi Dengan Obat

Jika Anda mengalami hal ini, Anda mungkin mengalami endometriosis, Endometriosis merupakan suatu keadaan di mana jaringan rahim bermigrasi ke orang lain, seperti ke ovarium dan saluran telur. Seiring dengan berlalunya waktu, endometriosis dapat berkembang menjadi kista jinak.

Kram perut yang dirasakan biasanya cukup hebat hingga dapat mengganggu aktivitas harian Anda. Tergantung pada letaknya di dalam pinggul Anda, Anda mungkin juga akan mengalami nyeri saat berhubungan intim.

Untuk mengatasinya, biasanya dokter akan memberikan pil KB karena jaringan endometriosis sensitif terhadap hormon. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil permanen, biasanya perlu dilakukan tindakan pembedahan laparoskopi. Perlu diketahui bahwa endometriosis dapat mengalami kekambuhan, bahkan setelah tindakan pembedahan dilakukan.

Kram Perut Paska Pemasangan IUD

Jika Anda mengalami hal ini, maka mungkin IUD yang dipasang kurang pas. Pada tiga bulan pertama paska pemasangan IUD, terjadinya kram perut bisa dianggap normal karena tubuh Anda sedang beradaptasi dengan adanya benda asing ini.

Akan tetapi, bila kram perut tidak juga menghilang atau tiba-tiba muncul, maka dianjurkan agar Anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan Anda untuk memastikan apakah IUD sudah terpasang dengan baik. Dokter dapat memperbaiki posisi IUD Anda sehingga kram perut Anda pun menghilang

Source : womenshealthmag

5 | Jenis | Kram | Perut |

Copyright @2015