Senin, 28 Januari 2019 12:01 WIB

Berbagai Hal Yang Dapat Mempengaruhi Lama Menstruasi

 Berbagai Hal yang Dapat Mempengaruhi Lama Menstruasi

Baik siklus menstruasi maupun lama menstruasi dapat berbeda-beda pada setiap wanita. Siklus menstruasi merupakan suatu rentang waktu antara menstruasi yang satu dengan menstruasi yang berikutnya. Sementara itu, lama menstruasi merupakan rentang waktu di mana seorang wanita mengalami menstruasi (lama darah menstruasi keluar). Pada umumnya, lama menstruasi bervariasi antara 3-6 hari. Sementara itu, siklus menstruasi biasanya bervariasi antara 24-37 hari.

Karena setiap wanita memiliki siklus menstruasi dan lama menstruasi yang berbeda-beda, maka mereka tidak dapat membandingkan siklus menstruasi dan lama menstruasi mereka dengan wanita lainnya. Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang memang dapat mempengaruhi lamanya

Menstruasi pada hampir setiap wanita seperti yang akan dibahas di bawah ini :

1. Stress

Stress dapat menyebabkan berbagai perubahan pada siklus menstruasi seorang wanita. Saat tubuh mengalami stress, maka ia akan melepaskan hormon stress, yaitu hormon kortisol.

2. Kortisol dapat mempengaruhi berbagai area tubuh, termasuk hormon estrogen. Perubahan kadar hormon estrogen dapat mengubah lama menstruasi seorang wanita. Hal ini dapat diakibatkan oleh berbagai jenis stress termasuk stress yang disebabkan oleh faktor lingkungan, pekerjaan, kematian seseorang yang dicintai, atau akibat penyakit tertentu.

3. Konsumsi Minuman Beralkohol Secara Berlebihan

Selain sebagai salah salah satu stressor tubuh, mengkonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk memetabolisme estrogen dan progesteron, yang pada akhirnya juga akan mempengaruhi lama menstruasi seorang wanita.

4. Gangguan Kesehatan Tertentu

Selain akibat perubahan kadar kortisol dan estrogen, lama menstruasi seorang wanita juga dapat dipengaruhi oleh gangguan keseimbangan hormonal lainnya. Setiap hormon di dalam tubuh dapat saling mempengaruhi kerja hormon lainnya. Beberapa gangguan kesehatan yang dapat mempengaruhi lama menstruasi seorang wanita adalah sindrom ovarium polikistik, kista rahim, polip rahim, kemoterapi, persalinan, keguguran, menyusui, dan penggantian pil KB.

5. Penuaan

Setelah memasuki usia 30 tahun, seorang wanita biasanya mulai mengalami perubahan lama menstruasi. Pada usia ini, siklus menstruasi atau lama menstruasi menjadi lebih pendek. Pada akhir usia 30an dan pertengahan 40 tahun, dimulai proses menopause yang juga menyebabkan perubahan pada siklus menstruasi dan lama menstruasi. Berbagai perubahan alami pada lama siklus menstruasi seorang wanita terjadi akibat pengaruh hormon, terutama estrogen dan progesteron. Kadar estrogen dan progesteron ini biasanya akan berubah seiring dengan semakin bertambahnya usia seorang wanita.

6. Berbagai Hal Lainnya

Selain stress, tubuh juga akan berespon dengan cara yang sama (seperti saat stress) terhadap beberapa jenis obat-obatan tertentu, minuman beralkohol, kafein, dan berbagai stimulan lainnya.

Berbagai hal ini akan memicu peningkatan kadar kortisol dan mempengaruhi kadar estrogen di dalam tubuh. Beberapa hal lainnya yang juga dapat mempengaruhi tubuh seperti stress adalah gangguan makan (anoreksia atau bulimia), penurunan berat badan secara berlebihan, olahraga berlebihan, dan diet yang sangat ketat.

Selain mempengaruhi kadar hormon di dalam tubuh, kekurangan gizi juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi seorang wanita dengan cara mengubah protein tertentu di dalam otak yang bertanggung jawab untuk mengatur proses ovulasi.

Source : Ehoy

Berbagai | Hal | yang | Dapat |

Copyright @2015